PUDING KENTANG BISKUIT

Puding ini aku bikin waktu hari pertama bulan puasa kemarin. Lama banget ya hehehe… Inisiatif untuk bikin puding ini juga mendadak, beberapa jam sebelum berbuka puasa. Sebenarnya udah males dan gak niat mau bikin menua buka puasa tapi berhubung dirumah lagi banyak ponakan yang main, aku jadi pengen bikin sesuatu buat mereka. Dan jadilah puding ini. Pudingnya sudah lama ku bookmarked dari blognya mbak hesti karena penasaran sama rasanya. Membayangkan ada sensasi kentang kukus saat makan puding ini. Kayak apa ya??
Pertama kali liat puding ini aku gak terlalu serius baca resepnya, baik itu bahan maupun cara membuatnya. Waktu itu cuma sepintas aja baca reviewnya dan lebih banyak memperhatikan foto-fotonya hahaha… Setelah mau dieksekusi baru serius baca resepnya. Alamak.. ternyata lumayan ribet juga nih. Tapi sudah kadung niat jadi dilanjutkan sajalah…
1 step, 2 step dan step-step yang lain bisa dilalui dengan baik. Dan tibalah step mencicipi (nyicipnya pas adzan maghrib kok hehehe). Dan… ternyata pudingnya kemanisan kawan. Aku memang suka sekali manis tapi kalo yang ini bener-bener manis. Untungnya masih bisa dimakan. Dan untungnya lagi para ponakan pada suka. Mungkin kalo manisnya “normal” pasti enak sekali.
Sempet bingung kenapa bisa begini? Karena setauku beberapa kali pake resepnya mbak hesti derajat kemanisannya menurutku pas. Sesuai lah sama lidahku. Tapi yang ini kok lain? Kalo resepnya yang salah kayaknya gak mungkin. Malamnya baru nyadar kalo ternyata timbangannya rusak gara-gara sebelumnya pernah dijatuhin sama najwa. Pantesan…. Jadi, pelajaran yang kesekian adalah cek timbangan sebelum menimbang bahan hehehe.

PUDING BISKUIT KENTANG

BAHAN PUDING KENTANG:
200 gr Kentang Kukus, haluskan
200 gr Gula pasir
1 butir telur utuh
2 kuning telur
1 ½ sdm margarine, lelehkan
150 ml Susu kenjtal manis, encerkan dengan 150 ml air
25 gr Tepung terigu Protein sedang
25 gr Tepung maizena
½ sdt vanili bubuk

BAHAN PUDING COKLAT (Campur rata lalu masak sampai mendidih) :
200 gr Gula pasir
1 bungkus Agar-Agar putih
½ sdt Vanili Bubuk
3 sdm Coklat Bubuk, ayak
1 sdt pasta moka
750 ml Susu Cair

PELENGKAP :
Biscuit Marie secukupnya

CARA MEMBUAT:

  1. Puding Kentang: Kocok telur, gula dan vanili sampai kental dan putih. Sambil dikocok tambahkan kentang, larutan susu dan margarine. Kocok pelan dan rata.
  2. Tambahkan tepung terigu dan maizena. Kocok rata.
  3. Tuang kedalam Loyang bulat diameter 22 cmyang dioles margarine
  4. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Angkat. Tata biscuit (yang terlebih dulu dicelup dalam susu cair sebentar) dipermukaan puding kentang. Tuang larutan agar-agar coklat perlahan agar biskuit tidak berhamburan. Hilangkan uap panasnya. Dinginkan dalam lemari es.




2 Responses to "PUDING KENTANG BISKUIT"

  1. bisa juga ini dikemas dlm palstik/ kemasan2 kecil, kemudian dititipkan ke kantin2/ pujasera... lumayan bs utk nambah penghasilan

    BalasHapus