KUE KURMA


Waktu masih kecil dulu pernah makan kue ini tapi lupa tepatnya dimana dari saking banyaknya daerah yang disinggahi. Dan sangat kebetulan sekali pas lagi jalan-jalan ke blognya mbak hesti aku liat resep ini. Langsung ambil polpen dan kertas trus catet resepnya. Gak mikir bakal seperti apa susahnya bikin karena yang kebayang hanya rasanya pasti enak. Sekalian mutar memori membayangkan tekstur kue ini walaupun memorinya sudah mulai gak utuh karena lupa pernah makan dimana hehehe…

Buatku, satu-satunya kesulitan waktu bikin kue ini adalah bagian melumuri si karamel ke kuenya. Kalo mbak hesti, beberapa atau banyak kue sekaligus langsung di campur ke karamelnya. Karena saya masih pemula dan gak pengen hasilnya jadi berantakan jadi aku celupkan satu persatu si kukisnya ke dalam karamel. Bener-bener butuh tenaga dan waktu yang ekstra bikin kue ini (bagiku lho ya). Tapi kalo membayangkan bagaimana rasanya kukis yang renyah dipadukan dengan karamel dan kacang, kayaknya tetap bakal kubelain bikin demi sebuah memori walaupun sudah tidak utuh :D  

Aku bikin kue ini butuh waktu 2 hari lho hahaha… karena aku bikin 2x resep yang aku tulis dibawah ini jadinya juga banyak. Dan karena prosesnya gak cuma sekali jadi butuh waktunya juga banyak. Akhirnya aku siasati dengan begini, hari pertama aku bikin kukisnya dan hari kedua dilumurin karamel dan kacang. Kenapa gak bikin sekalian dalam sehari?? Alasannya karena najwa hehehe… aku gak pengen menghabiskan terlalu banyak waktu didapur sekalipun hal itu sangat mengasikkan dan bikin lupa. Kalo kata mamaku sih, “jangan tukar anakmu dengan dapur” hehehe..


KUE KURMA

BAHAN:
250 gr    Mentega (aku campur mentega dan margarine dengan perbandingan 1 : 1)
75 gr      Gula halus
1 butir    Telur
300 gr    Tepung terigu
2 sdm     Maizena

CARA MEMBUAT:
  1. Kocok mentega dan gula halus sampai putih, masukkan telur.
  2. Masukkan tepung terigu dan maizena ke dalam adonan sedikit demi sedikit, aduk rata.
  3. Cetak adonan sebesar ibu jari atau sesuai selera. Letakkan dalam Loyang.
  4.  Panggang dalam suhu 160C – 180C selama sekitar 30 menit.


BAHAN LAPISAN KARAMEL:
Gula secukupnya
Air mendidih secukupnya
Kacang tanah sangrai secukupnya

CARA MEMBUAT:
  1. Masak gula dengan api kecil sampai meleleh dan berwarna keemasan. Sering diaduk agar tidak gosong.
  2. Kemudian masukkan air  sedikit demi sedikit. Biarkan rata dan menjadi cairan gula yang kental.
  3. Dalam kondisi panci karamel masih di atas kompor dengan api kecil, masukkan kue-kue tadi ke dalam panci, baluri sampai tertutup karamel.
  4. Lalu angkat dan gulingkan dalam wadah yang sudah diisi kacang cincang.
  5. Biarkan dingin, lalu masukkan dalam wadah kedap udara.


2 Responses to "KUE KURMA"

  1. betul mbakyu, aku jg bagian ngelumuri nya itu lho, pokoknya urusan perkaramelan aku mah masih nol besar hahahah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbaaak... ni urusanx sm si karamel susah2 gampang.apalgi klo masih pemula kyk ak bgni,rawan gatot mbak hehehe

      Hapus