MOCHI


Late post…
Masih banyak yang harus di posting nih. Walaupun sudah lama bikinnya tapi tetep diposting saja biar gak mubazir hehehe.

Bikin mochi ini ternyata gampang-gampang susah. Gampang karena bahannya gak aneh-aneh dan lagi step by stepnya juga gak sulit bin ribet. Yang bikin susah itu saat proses dipipihkan untuk di beri isian. Butuh usaha ekstra karena adonannya seperti karet. Apalagi kalo ruang geraknya terbatas karena gak punya papan atau meja kayu yang lebar buat memipihkan si adonan ini. Berarti namanya tetep ribet ya hehehe…

Kalo rasanya saya suka. Kenyal-kenyal gimana gitu. Saya bahkan masih penasaran seperti apa rasanya kalo isiannya itu coklat, keju atau mungkin es krim. Kalo isiannya es krim, belum bisa membayangkan bagaimana cara isi fillingnya :D. Oh iya, selain kacang merah isiannya saya pake campuran kacang goreng dan gula pasir yang dicincang halus :)


MOCHI
Sumber : Christine Recipes Via Hesti's Kitchen

BAHAN KULIT
220 gr  Tepung ketan putih
110 gr  Gula pasir
200 ml Santan ( atau susu cair)
Tepung ketan sangrai
Pewarna (Optional)

BAHAN ISI :
½ cup    Kacang Merah, rendam selama 3 jam
1 ½ cup Air
Gula sesuai selera
1 sdm Minyak

CARA MEMBUAT :

  1. Bahan Isi : Masak kacang merah dengan air hingga airnya menyusut menjadi separuh. Tambahkan gula sesuai selera. Masak lagi sambil diaduk sampai airnya kering dan kacang menjadi empuk. Tambahkan minyak lalu aduk sampai rata lalu matikan api. Biarkan dingin lalu bentuk bulat bulat.
  2. Bahan kulit : Campur tepung ketan dan gula, aduk rata. Masukkan santan sambil diaduk sampai rata. Tambahkan pewarna. Tuang dalam pinggan tahan panas yang lebar agar matangnya cepat. Sebelumnya olesi pinggan dengan minyak.
  3. Kukus selama 30 menit hingga jika d tusuk sudah tidak terlalu lengket.
  4. Angkat lalu tuang di atas meja kerja yang sebelumnya sudah diberi ayakan tepung ketan sangrai. Pipihkan sebisanya. Potong-potong kotak. Beri isi lalu rapatkan dan siap disajikan. Kalau ingin bertekstur , setelah di bulatkan bisa diletakkan dalam cetakan agar kecil atau cetakan coklat berbentuk bulat. 
 




5 Responses to "MOCHI"

  1. wiwidh mochinya mbulet gitu..cakepp...!

    BalasHapus
  2. aslinya gak mulus2 banget mbak. yg gak mulusnya d sembunyikan wkwkwkwk... Btw, klo gak salah sukabumi terkenal sama mochi nya kan ya mbak? eh bener gak sih? :D

    BalasHapus
  3. Mba kalau untuk adonan kulitnya dibuat sampai encer atau bgmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak encer banget mbak. disesuaikan aja sm takarannya. seingatku ini adonannya kental sekali. nnti setelah dikukus adonannya mengeras sendiri. semoga membantu ya mbak. makasih sudah berkunjung :)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus