TALAM UBI UNGU


Late Post...
Melihat penampilannya yang jauh dari kata menarik sebenarnya kue ini tidak layak tayang. Tapi saya "harus" tetap menayangkannya juga. Kenapa harus? Agar kelak saya bisa bernostalgia bahwa dulu saya pernah membuat dan memotret kue dengan hasil yang buruk seperti ini.. Hffftt...


Ini motretnya outdoor. Tanpa reflector ataupun diffuser seperti yang para pakar FP selalu sarankan. Dan waktu itu cahanya juga kurang maksimal. Tampilan kuenya juga kurang menarik karena selama proses pembuatan saya melakukan banyak sekali kesalahan. Mulai dari tidak menggunakan cucing khusus kue talam (efeknya adalah kue jadi lengket pada cetakan sekalipun sudah menggunakan minyak karena saya menggunakan cetakan berbahan dasar keramik :D) hingga terlalu lama dalam mengukus. Hasil akhirnya ya seperti di gambar itu, belepotan dan retak karena terlalu lama mengukus.

Kalo rasanya saya suka sekali. Waktu masih kecil saya penyuka jajanan tradisional karena mama memang selalu menyediakan jajanan non internasional untuk keluarganya, terlepas dari kuenya dibuat sendiri atau hanya beli :D. Dan kue talam ini kesukaan saya. Paduan antara manis dan gurihnya santan. Bedanya dengan yg menggunakan ubi ungu ini ada pada teksturnya. kalo yang original teksturnya kenyal sekali. kalo yang ini lembut. Ini efek penggunaan ubi pada adonannya jadi tekstur kenyalnya samar.


TALAM UBI UNGU
Sumber : Hesti kitchen 

Bahan Adonan Ubi ungu :
180 gr Ubi ungu, kukus, haluskan
200 ml Santan Kental
50 gr Tepung beras
25 gr Tepung tapioka
100 gr Gula
2 butir Telur
1/2 sdt Garam

Bahan Topping Santan :
180 ml Santan Kental
40 gr Tepung beras
1/2 sdt Garam

Cara Membuat :
  1. Campur semua bahan ubi ungu, blender hingga halus. Diamkan beberapa saat sebelum dituang kedalam cetakan.
  2. Panaskan kukusan dengan api tinggi sampai tinggi lalu turunkan apinya menjadi kecil. Lapisi tutup kukusan dengan serbet bersih agar tetesan air kukusan tidak mengenai kue sehingga permukaan kue tetap mulus.
  3. Tuang adonan ke dalam cucing yang sudah di oles minyak setinggi 2/3. Kukus selama 8-10 menit.
  4. Adonan topping, campur semua bahan topping lalu aduk hingga rata.
  5. Tuang ke atas adonan ubidan kukus kembali selama sekitar 5 menit atau sampai set.
  6. Setelah matang biarkan beberapa saat sampai tidak terlalu panas lalu keluarkan dari cetakan.







0 Response to "TALAM UBI UNGU"

Posting Komentar