STRAWBERRY JAM


Postingan yang ini mungkin tidak terlalu menarik karena hanya berupa selai stroberi. Tapi tidak ada salahnya kan berbagi segala hal sekalipun hanya sebuah resep super simpel :D

Kalau punya Stroberi yang terlalu banyak dikulkas dan bingung mau diapakan padahal semua resep yang berhubungan dengan stroberi sudah dicoba dan stoberinya sendiri sudah mulai menunjukkan tanda-tanda ke-tidak-segar-an, mungkin postingan ini bisa berlaku. 

Yap, selai stroberi. Buatnya gampang. Masak Stroberi yang sudah di potong-potong hingga stroberi menjadi layu, berair dan biarkan mendidih sebentar. Kemudian tambahkan gula, aduk rata. Kadar manisnya disesuaikan dengan selera. Masukkan air jeruk lemon/jeruk nipis.  Masak dengan api kecil hingga gula pasir larut. Jangan lupa untuk selalu di aduk sambil menekan potongan stroberi agar buah hancur dan tidak gosong. Setelah mulai mengental, besarkan api, biarkan benar-benar mendidih sebentar lalu angkat. Jangan terlalu lama karena setelah dingin selai akan lebih mengental lagi. Dan yang saya buat ini sudah over mendidih.

Oya, penambahan air jeruk lemon atau jeruk nipis sendiri bertujuan sebagai sumber pektin alami  atau dengan bahasa lain sebagai zat pengental sehingga selai yang dihasilkan akan lebih cepat mengental sehingga mempersingkat waktu pemasakan agar selai tidak banyak kehilangan rasa dan aroma aslinya. Pektin merupakan serat alami buah yang larut dalam air, bisa membentuk ikatan dengan gula dan asam buah membentuk 'gel'.



0 Response to "STRAWBERRY JAM"

Posting Komentar