BURGER HOMEMADE

Entah sejak kapan aku jadi suka sekali sama makanan keluaran bule yang satu ini. Hampir gak pernah membayangkan sama sekali kalo suatu hari akan bisa bikin burger dan jenis roti-rotian yang lain. Dan ternyata aku bisa bikin sendiri walaupun dari segi penampilan masih belum masuk kategori "cantik" tapi yang jelas enak kok hehehe... Memuji diri sendiri. Beneran enak :D 


Sebenarnya gak ada yang susah sih dari pembuatan burger ini. Gak susah tapi ribet. Dan pastinya butuh waktu dan proses yang panjang. Karena harus menyiapkan beef patty nya dulu kemudian burger bunsnya. Aku bikin burger ini butuh waktu 2 hari karena gak memungkinkan buat aku untuk mengerjakan dalam sehari. Hari pertama aku bikin beef patty nya dan hari kedua bikin burger bunsnya kemudian menyantapnya hehehe

Resep dapat dari mbak yunita "Pawonomah" yang aslinya juga dapat dari mbak ricke "Ordinary kitchen". Thanks sooo much buat mbak yunita dan mbak ricke.   


Ceritanya mau bikin burger mini tapi ternyata malah kebablasan mininya makanya bentuknya memanjang ke atas. Keliatan kan kalo isinya "berjejalan" di antara rotinya hehehe...

BURGER BUNS

Bahan :
200 gr Terigu protein tinggi
50 gr   Terigu protein sedang
25 gr   Gula pasir
6 gr     Ragi Instan
2         Kuning telur
125-150 ml Susu UHT dingin (seusaikan dengan kondisi tepung)
1/2 sdt Garam
30 gr    Butter/margarine

Olesan : 1 putih telur kocok lepas
              1 sdm susu uht
Wijen untuk taburan

Cara Membuat :
  1. Campur terigu, gula pasir dan ragi, aduk rata
  2. Masukkan kuning telur dan susu dingin secara bertahap sedikit demi sedikit sambil diuleni. Hentikan penambahan air jika dirasa adonan sudah cukup (tidak lembek atau tidak kering), uleni kembali hingga kalis.
  3. Masukan margarin/butter dan garam, uleni hingga tercampur rata. Pindahkan ke meja bersih yang sudah di taburi sedikit terigu. Uleni adonan hinngga kalis elastis dan adonan sudah licin/mulus.
  4. Bulatkan adonan, taruh dalam mangkuk besar kemudian tutup dengan serbet lembab/plastik. Diamkan hingga mengembang 2x lipat (45-60 menit).
  5. Kempeskan adonan, uleni hingga licin kembali. Bagi menjadi 6 atau 8 bagian sama beratnya. Bulatkan adonan, sambil agak dipipihkan. Tata dalam loyang yang sudah dioles margarin. Diamkan kembali hingga mengembang (30-45 menit). Poles dengan bahan polesan, taburi wijen.
  6. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 190C - 200C selama 15 menit hingga matang dan permukaannya kecoklatan.
  7. keluarkan dari oven, poles dengan butter.

BEEF PATTY

Bahan :
350gr Daging,cuci bersih, potong-potong kecil
1 buah Bawang bombay, cincang halus
5 buah Bawang putih, cincang halus
1         Putih telur, kocok lepas
1 sdm  Mayonaise/Mustard
1/2 lmbr Roti tawar, rendam dalam sedikit susu UHT (roti bisa diganti 1 sdm bread crumb warna putih)
Garam
Merica bubuk
Pala bubuk

Cara Membuat :

  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu, sisahkan.
  2. Siapkan alat chopper, aduk semua bahan termasuk tumisan bawang bombay dan bawang putih
  3. Chopper hingga rata (jadikan 3-4 bagian ketika dihalluskan dalam chopper)
  4. Siapkan teflon, beri 1/2 sdm margarin/butter/minyak samin
  5. Ambil 1 sdm adonan patty di atas teflon bermargarin hingga matang di kedua sisinya (api kecil saja), sisihkan.
  6. Lakukan hingga adonan habis.
Catatan : Ketik membuat chicken atau beef patty jangan pernah menekan daging untuk mengeluarkan airnya. Rasa chicken atau beef patty nya jadi tidak gurih karena juicenya keluar. Biarkan patty mamtang di satu sisi baru kemudian d balik. 

PENYELESAIN :
Ambil burger bun, belah 2. Poles bagian dalam buns dengan butter atau margarin lalu panggang sebentar di atas teflon. Tata bahan isi mulai dari daun lettuce, saos tomat, beef patty, saos tomat, mayonaise, tomat, irisan bawang bombay dan tutup kembali dengan buns. Homemade burger siap dinikmati.







0 Response to "BURGER HOMEMADE"

Posting Komentar