SETUP PISANG ALA CIK BAE'

Ada banyak cara dalam mengolah pisang. Mulai dari jajanan tradisional yang tak terhitung jumlahnya hingga makanan orang luar yang juga banyak. Mulai dari cake, roti, puding, hingga es. Mulai dari yang manis hingga gurih. Mulai dari yang sangat enak hingga enak saja hehehe :D

Kami di rumah sebenarnya bukan pecinta pisang tapi buah yang paling sering ada di rumah itu pisang. Setiap pulang dari pasar mama biasanya nenteng pisang kalo sekiranya di rumah lagi gak ada cemilan. Bukan untuk dimakan begitu saja tapi untuk di olah lagi, entah itu nantinya jadi pisang goreng, barongko, kolak atau mungkin setup pisang seperti ini. Gak cuma itu sih pisang pun ternyata bisa di sulap jadi sayur sama mama.


Oya, sebelumnya perkenalkan, cik bae', bukan siapa-siapa tapi itu panggilan orang di kampung untuk mamaku. Namanya yang asli Zubaidah bisa berubah  jadi Bae' untuk lidah orang di kampungku. Asik juga ya punya panggilan yang gak umum seperti itu hehehe...

Oke, kembali ke setup pisang. Jangan tanya darimana mama dapat cara membuat setup pisang yang seperti ini. Terlalu banyak kota yang ditinggali membuat semua makanan buatan mama gak selalu saklek berasal dari satu daerah. Jadi, biasanya kalo waktunya makan, menu di atas meja bisa berasal dari 2 hingga 3 daerah. Dan untuk setup pisang ini masih belum sempat juga aku tanyakan darimana asalnya karena setupnya tidak seperti kebanyakan yang beredar di internet. Beda karena ada penambahan telur di dalamnya. Insya Allah gak amis kok :). Disarankan untuk disajikan dalam keadaan dingin karena efek segarnya bikin ketagihan hehehehe.. Lebay ya..

Kalau suka dengan aroma kayu manis yang kuat, bisa ditambahkan kayu manisnya. Gulanya juga silahkan disesuaikan dengan selera masing-masing. .

SETUP PISANG ALA CIK BAE'

Bahan :
10 buah  Pisang Kepok / Raja
2 butir    Telur, kocok lepas
1 buah    Kayu manis
200 gr    Gula pasir (sesuaikan manisnya)
1500 ml  Air

Cara Membuat :
  1. Kukus pisang hingga matang kemudian potong-potong kira-kira setebal 1,5 cm.
  2. Dalam wadah, campur pisang dengan kocokan telur, aduk rata.
  3. Rebus air, gula,dan kayu manis hingga gula larut. Masukkan campuran pisang dan telur ke dalam rebusan air. Masak hingga mendidih dan harum.
  4. Sajikan dingin lebih nikmat.








0 Response to "SETUP PISANG ALA CIK BAE'"

Posting Komentar