BROWNIES PISANG (KUKUS VS PANGGANG)


Ini foto lama tapi baru keposting sekarang (seperti biasa :D). Berawal dari pisang yang suuuuuper matang sekali di kulkas. Kalo kondisi pisangnya sudah begitu, jelas gak mungkin ada yang makan. Pisang masih bagus dan seger aja belum tentu dilirik apalagi yang keadaannya sudah memprihatinkan seperti ini. Mau di buang sayang. Akhirnya  bikin Brownies pisang liat di blognya Mbak Hesti. Asli resepnya dari mbak Endang dan sebenarnya ini . Makasih ya mbak mbak yang cantik karena sudah bersedia share resepnya ;)

Berhubung teknik pembuatan kue ini cemplung-cemplung saja (karena gak menggunakan mixer) jadi jangan berharap kuenya akan tampak menul-menul atau spongy seperti bolu pada umumnya. Kue ini bertekstur dan berpenampilan bantat karena memang begini yang namanya brownies hehehe...

Waktu bikin ini, adonan aku bagi dalam dua loyang. Loyang yang pertama aku kukus dan loyang yang kedua aku panggang. Pengen tau bagaimana bedanya. Kalo dari aroma sih jelas enak yang di panggang ya. kalo dari rasa ternyata aku lebih suka yang di panggang juga. Teksturnya kering di luar lembut di dalam ciri khas kue yang di panggang kan begitu ya. Jadi, saya suka saya suka :D

Sedangkan yang di kukus aku kurang suka. Gak tau juga kenapa bisa begitu. Padahal sebenarnya enak-enak aja sih. Kuenya lembab gitu. Apalagi kalo diinapkan semalaman coklatnya lebih berasa ketimbang baru keluar dari kukusan (kalo ini sih yang ada bibir jadi monyong gara-gara kepanasan hahahaha). Mungkin aku lebih suka kue yang sangat mengembang untuk kue kukus, yang pembuatannya menggunakan mikser. Jadi lebih spongy kayak bolu gitu. Kalo yang teksturnya padat aku lebih millih yang di bake/oven.


BROWNIES PISANG
Sumber : Hesti' kitchen

Bahan : 
150 gr Dark cooking coklat
125 gr Gula pasir
3 sdm Mentega
1/2 sdt Vanili bubuk
300 gr Pisang, haluskan dengan garpu 
2 butir Telur ukuran besar, kocok lepas
100 gr Tepung terigu protein sedang
1/2 sdt Baking powder
20 gr Coklat bubuk
1/2 sdt Garam

Cara Membuat :
  1. Panaskan oven 175 C. Siapkan lloyang ukuran 20x20 cm. Olesi dengan mentega dan alasi bagian dasarnya dengan kertas roti. Sisihkan.
  2. Dalam wadah, masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam, aduk  rata.Sisihkan.
  3. Tim dark coklat dengan api kecil dengan teknik double boiler hingga coklat meleleh. Angkat dari api.
  4. Aduk coklat dengan whisk hingga licin, tambahkan gula pasir, mentega dan vanili bubuk. Aduk hingga semua bahan larut dan menjadi halus. Jika terlalu kental panaskan sebentar di panci berisi air mendidih hingga menjadi agak lumer.
  5. Tuangkan coklat leleh di mangkuk yang agak besar, masukkan puree pisang ke dalamnya, aduk rata. Tambahkan telur kocok, pastikan coklat tidak panas saat menambahkan telur agartelur tidak matang. Auk hingga adonan halus.
  6. Masukkan tepung dalam tiga tahapan, aduk perlahan dengan spatula hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya.
  7. Panggang kue selama sekitar 35 - 40 menit atau hingga brownies matang dan tidak lengket saat di tusung dengan lidi. Keluarkan dalam oven. Dinginkan di rak kawat lalu potong-potong.


0 Response to "BROWNIES PISANG (KUKUS VS PANGGANG)"

Posting Komentar