SELAI KACANG HOMEMADE

Pertama kali liat postingan resep ini di webnya mbak endang, langsung aku catat resepnya. Seminggu, dua minggu, tiga minggu hingga entah berapa minggu, belum juga aku sempatkan untuk membeli kacang di sebelah rumah dan mengeksekusinya jadi sebuah selai. Alasannya kalo gak lupa ya berarti gak sempat hehehe…

Yang kedua kali liat selai ini di webnya mbak diah. Efek setelah liat postingannya bikin aku tambah gregetan untuk bikin. Akhirnya hari itu juga aku beli kacang tapi gak langsung aku bikin. Ternyata masih nunggu beberapa hari lagi hingga moodku kembali “normal” :D


Daaaaan… jadilah ini, selai kacang bikinanku sendiri walaupun resepnya hasil copy paste xixixi…  jangan ditanya rasanya karena kalo disuruh memilih, aku lebih memilih selai kacang yang ini daripada yang dijual di toko-toko. Manis-manis crunchy gimana gitu… Patut dicoba bagi yang suka selai kacang. Nilai plus dari selai kacang bikinan sendiri adalah kita bisa menentukan tekstur kacangnya sesuai selera. Mau yang kacangnya haluuuuus, agak sedikit kasar atau kasar sekali. Kan kita yang bikin jadi ya semau kita hehehe.Kalo hasil punyaku gak sehalus punya mbak endang. Mungkin karena aku pake food processor. walaupun begitu, ternyata tidak mengurangi rasanya yang uenak ;)

 
SELAI KACANG HOMEMADE

BAHAN :
200 gr           Kacang tanah
5 sdm           Gula Pasir
1 1/2 sdm     Minyak Sayur (aku pake minyak zaitun)

CARA MEMBUAT :
  1. Goreng kacang dengan minyak yang banyak hingga kuning kecoklatan. Sesekali dibalik agar tidak hangus.
  2.  Haluskan kacang tanah dan gula menggunakan food processor atau blender.
  3.  Tambahkan minyak lalu proses lagi hingga benar-benar halus.

Catatan :
jika menggunakan blender, usahakan bahan-bahannya dimasukkan sedikit demi sedikit dan selalu diaduk manual menggunakan sendok agar mempermudah kerja mesin blender hingga diperoleh tekstur yang creamy atau sesuai selera.

0 Response to "SELAI KACANG HOMEMADE"

Posting Komentar