JENANG BERAS MERAH

Awalnya jenang atau bubur ini dibuat tanpa sengaja. Inisiatif untuk bikin jenang ini juga bukan dari aku tapi mbak warni, mbak yang biasa bantuin aku sehari-hari. Sejujurnya, aku memang kurang kreatif dalam mengolah bahan makanan. Kalo liat resep aku bisa hahahaha…

Balik lagi ke cerita, ada beras merah yang aku beli buat najwa 3 bulan yang lalu. Masih ada 1 toples dan harus segera dihabiskan karena beras merah ternyata punya masa kadaluarsa, gak sama seperti beras putih biasa. Mbak warni bilang, dibuat jenang aja… iya ya, kenapa gak kepikiran untuk diolah jadi jenang. Bikinnya gampang bahannya juga gampang. Hanya gula merah dan santan sebagai pendampingnya :D
Berhubung beras merah teksturnya agak alot menurutku jadi harus direndam dulu sebelum diolah. Butuh waktu sekitar 4 – 6 jam untuk merendamnya. Atau bisa juga pakai presto biar cepat lunak. Rasanya?? Surprise sekali. Tanpa bermaksud untuk berlebihan, rasanya memang gak keduga, seperti bubur beras ketan hitam yang biasa disandingkan dengan es bubur kacang ijo. Malah lebih enak beras merah kalo menurutku. Mungkin ini efek karena aku gak pernah makan beras merah sebelumnya kali ya xixixi..

JENANG BERAS MERAH
BAHAN :
250 gr Beras Merah
200 gr Gula merah
Air secukupnya untuk merebus

BAHAN KUAH :
500 ml  Santan
¼ sdt   Garam
1 lembar Daun pandan

CARA MEMBUAT:
  1. Bubur : Rebus beras merah hingga mendidih dan air menyusut. Tambahkan air dan gula merah lalu masak lagi sampai meletup-letup hingga tekstur beras lunak dan menjadi bubur.
  2. Kuah : Dalam panci, campur semua bahan lalu masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk.
  3. Sajikan bubur dengan siraman kuah santan.






3 Responses to "JENANG BERAS MERAH"

  1. serius beras merah bisa dibikin yang beginian?
    mauuuu...
    sayang pas kmaren mudik gak bawa:(

    BalasHapus
  2. iya mbak beneran... enak lagi. aku jg gak nyangka bisa jadi enak begini.malah lebih enak ini menurutku. lumayan mbak bisa makan enak dari bahan yang sehat hehehe...

    BalasHapus
  3. Makin sukses untuk websitenya, kami akan selalu mengikuti dan hadir sebagai sahabat yang baik. Terimakasih banyak, pak/bu

    BalasHapus