STIK SUS KERING


Lebaran selalu identik dengan ketupat, opor dan yang pasti kue kering. Yup,,, kue kering :D. Setiap rumah pasti punya kue kering favorit. Jadi pas hari lebaran pasti sudah berjejer bertoples-toples kue kering yang entah itu beli atau mungkin bikin sendiri. Kalaupun gak banyak minimal ada setoples di meja. Seperti di desa tempatku tinggal ini, kalo diperhatikan kebanyakan, kebanyakan masyarakan disini lebih memilih cemilan snack sebagai suguhan lebaran ketimbang kuker. Tapi kuker ya tetap ada walaupun Cuma setoples. Hanya segelintir rumah yang kukernya bisa lebih dari 2 jenis. Ini sih hasil surveyku selama dua kali lebaran disini xixixixi…

Jadi berdasarkan pengalaman tahun kemarin, kalo ternya kuker tidak terlalu diminati di desa ini jadi aku gak cuma bikin kuker aja. Kasian kalo sampe musim lebarannya dah abis tapi isi toplesnya masih banyak. Dan jadilah stik sus kering punya mbak hesti yang aku bikin. Awalnya pengen bikin kacang sembunyi atau parmesan cheese stick. Berhubung gak punya penggilingan mie jadi batal deh.
Imaginasiku untuk hasil akhir sus kering ini sebenarnya gak sesimpel begini. Pengennya separuh bagian stik kulumuri coklat. Berhubung percobaanku menghasilkan karya yang jelek jadi yang didokumentasikan ya yang polosan ini aja hehehe…


STIK SUS KERING

BAHAN :
150 gr    Margarin
150 gr    Tepung terigu
5 butir    Telur
250 ml    Air
½ sdt     Garam
100 gr    cheddar parut halus (aku pake separuh)
Wijen sebagai taburan (aku skip)

CARA MEMBUAT :
  1. Masak air, margarine dan garam sampai mendidih. Masukkan tepung sekaligus sambil diaduk hingga kalis.
  2. Masukkan keju parut. Aduk rata. Dinginkan
  3. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan mixer sampai rata. Lihat konsistensinya, apabila kekentalannya menyerupai kue sus telurnya tidak perlu diturunkan semua yang akan mengakibatkan adonan encer dan meleber. Penggunaan telur tergantung ukurannya, kalo telurnya besar cukup 5 saja.
  4. Masukkan dalam kantung segitiga, gunting sedikit ujungnya sekitar 1/2 cm.
  5. Spuit memanjang dalam talam beroles margarine. Taburi keju atau wijen. Panggang dengan suhu 200 C sampai kekuningan dan garing. Selesaikan memanggang sampai semua adonan habis.
  6. Satukan dalam sebuah talam besar. Panggang lagi denganpanas oven kecil atau mode warm selama kurang lebih 2 jam sampai garing. Dinginkan. Simpan dalam wadah kedap udara.   

6.       

0 Response to "STIK SUS KERING"

Posting Komentar