KATIRI MANDI LABU

Alhamdulillaaaah… Akhirnya bisa posting lagi setelah rehat yang tidak sejenak hehehe. Kena Pra dan Pasca mudik yang efeknya bikin males mau melakukan rutinitas seperti biasanya. Sebelum ngoceh banyak dan semoga tidak terlambat aku ingin mengucapkan “Minal ‘Aidzin Wal Fa’idzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin”. Semoga segala khilaf yang sengaja maupun tidak disengaja bisa dimaafkan.




Setelah maaf-maafan, mari kita bicarakan makanan hahaha.. Resep kali ini yang jelas dibuat sebelum lebaran. Dan beberapa resep setelah ini juga dibuat sebelumnya. Habis mudik dan lebaran, sekarang waktunya bayar hutang postingan. Banyak resep yang ngantri untuk diposting, semoga bisa ada waktu dan telaten nulis hehehe.
Banyak nama untuk jenis makanan yang satu ini. Setiap daerah punya nama sendiri. Kalo orang Sulawesi bilang katiri mandi. Kalo di jawa kebanyakan orang bilang bubur candil. Kalo di kampung kelahiranku, kami menyebutnya  loho bubua. Jaje batun bedil kata orang bali. Yang jelas masih banyak nama untuk makanan ini.
Sebenarnya, katiri mandi aslinya hanya menggunakan tepung ketan sebagai bahan dasar untuk membuat bola-bolanya dan menggunakan gula merah untuk bahan kuahnya. Kalo yang ini menggunakan gula pasir karena sengaja dibiarkan putih untuk menampilkan efek kuning dari labu. Jadi tampak cantik karena warnanya kontras. Dan ternyata rasanya memang enak sekali. Sama seperti loho bubua yang dulu sering aku makan kalo berpuasa di kampung. Bedanya ini lebih lembuuuutt karena ada penambahan labu didalamnya. Jadi kalo ngunyah gak terlalu rempong hehehe…

Berhubung labu banyak mengandung air, apalagi kalo dikukus, jadi aku tidak terlalu banyak menambahkan air. Waktu itu aku hanya butuh 25 ml air. Beda dengan ubi yang cenderung padat sehingga butuh air lebih banyak.

KATIRI MANDI LABU

BAHAN:
150 gr    Tepung Ketan
100 gr     Labu
¼ sdt      Garam
Air secukupnya

BAHAN KUAH:
750 ml   Santan dari 1 butir kelapa
2 sdm    Tepung beras, larutkan dengan sedikit santan
125 gr    Gula
½ sdt     Garam
2 lembar Daun pandan, sobek dan ikat

CARA MEMBUAT:
  1. Aduk rata tepung ketan dan garam. Tambahkan labu. Aduk menggunakan tangan.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis dan dapat dipulung.
  3. Bentuk bulat dengan bagian ujung yang runcing. Selesaikan semua adonan hingga habis.
  4. Masak air panas dalam panci. Sementara itu buat kuahnya, campur semua bahan kuah lalu masak diatas api sedang. Aduk terus hingga mendidih.
  5. Setelah air untuk bola ketan mendidih, masak hingga bola-bola terapung. Tiriskan lalu masukkan dalam kuah santan. Masak lagi santan sampai mendidih lalu matikan api.
  6. Katiri mandi siap disajikan.



2 Responses to "KATIRI MANDI LABU"

  1. sama2 mbak maapin jg kalo ada salah2 ya hehhe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mbaaak... gmn kabarnya?lama tidak bersua hehehe.iya mbak sama2. dari nol lagi ya. salam buat si kecil ya mbak :)

      Hapus