BREAD PUDDING

Duluuuuuu sekali sudah pernah bikin puding roti. Tapi waktu itu cuma aku kukus aja karena dulu gak ada oven. Nah sekarang ada roti dan diniatkan untuk bikin puding roti. Bedanya sekarang aku oven dengan cara di tim atau istilah lainnya au bain marie. Pengen tau aja bedanya. Berhubung resepku yang dulu ilang jadi takarannya aku pake punya mbak hesti. Yang membedakan dengan punya mbak hesti itu cuma cara mengovennya. Aku di tim, mbak hesti gak.
Au bain marie ini caranya loyang puding di letakkan dalam loyang yang berisi air. jadi loyang pudingnya di rendam. atau bisa juga loyang yang berisi air rendaman ini diletakkan di rak oven yang bawah kemudian loyang pudingnya diletakkan di rak oven yang atas. cara au bain marie ini sebenarnya bertujuan untuk menjaga agar tekstur pudingnya tetap terjaga atau gak padat. 
Hasilnya secara keseluruhan ternyata sama aja kayak dikukus. Bedanya kalo dioven, bagian atasnya kering. Jadi serasa makan roti bakar bikinan sendiri. Bagian bawahnya ya kayak makan puding hehehe. Kalo dikukus kan atas bawah teksturnya sama aja. Lembut. Kalo tanpa di tim rasanya gimana ya…? Kapan-kapan deh kita cari tau hehehe...

Untuk topping atasnya karena gak punya kayu manis bubuk jadi aku pake moccacino bubuk aja. Lumayanlah buat nambah aroma hehehe. Sebenarnya kalo dibanyakin ato dicampur dengan adonan pudingnya mungkin sensasinya jadi asik. Tapi berhubung aku masih terlalu takut untuk merusak resep jadi ya apa adanya saja. Lagian takut pahit rasanya kalo terlalu banyak moccacinonya. 

BREAD PUDDING
Sumber : Hesti's Kitchen.blogspot.com

BAHAN:
8 lembar   Roti tawar
3 butir      Telur
75 gr        Gula pasir
250 ml      Fresh cream (aku ganti susu cair)
250 ml      Susu Cair
2 sdm       Butter Leleh
½ sdt       Vanili bubuk
¼ sdt       Garam
Kismis, sultana
Taburan kayu manis dan gula bubuk secukupnya.

CARA MEMBUAT:
  1. Siapkan Loyang atau pinggan tahan panas ukuran 20 cm. Olesi butter.
  2. Tata roti di dalamnya lalu taburi kismis.
  3. Kocok asal rata telur, gula dan garam. Masukkan cream kental, susu cair dan butter leleh. Aduk rata. Tambahkan vanili. Aduk rata lagi.
  4. Tuang ke atas roti yang telah ditata. Kemudian diamkan selama 30 menit.Taburi roti dengan kismis, gula palem dan kayu manis.
  5. Panaskan oven dengan suhu 180 C.  Masukkan loyang berisi air rendaman. letakkan loyang puding dalam air rendaman. Panggang  selama 30 menit. 



0 Response to "BREAD PUDDING"

Posting Komentar