CHOCOLATE BANANA CAKE

Lupa kalo ada pisang di kulkas. Setelah dikeluarin kondisinya sudah sangat matang sekali. Dimakan pun pasti rasanya sudah gak enak. Biar gak kebuang jadi harus diolah. Tapi bingung bikin apa ya…? Mau bikin brownies, stok DCC lagi kosong. Iseng nyari resep di webnya mbak endang ketemunya resep cake coklat pisang atau kalo orang luar bilang chocolate banana cake yang diadaptasi dari joy of baking.
Setelah di baca dan dipahami, dari reviewnya kayaknya enak. Yang paling penting sih gak pake DCC hehehe…  Gak pake lama, langsung dieksekusi.
Ada yang aneh waktu bikin kue yang satu ini. Setelah 40 menit dari waktu yang ditentukan untuk nunggu si kue matang, aku agak bingung. Kok kuenya gak naik-naik ya? Apa model kuenya emang begitu? Adonan udah kadung kubagi dua lagi. Hasil akhirnya pasti tipis. Aku coba pake test tusuk. Mmmhh… adonannya masih banyak yang nempel. Mungkin ovenku butuh waktu yang lebih lama, pikirku begitu.  Ini kepala kayaknya juga udah penuh sama tanda tanya.
Lewat dari sejam. Hampir 1,5 jam malah. Belum ada tanda-tanda yang bagus. Cuma ada rekahan sedikit di permukaannya. Jadi mikir, ini yang salah aku ato resepnya? Kalo resepnya yang salah kayaknya gak mungkin. Secara yang bikin resep ini udah mahir dibidangnya. Sedangkan aku kan baru anak kemarin di dunia per-kue-an kayak gini. Lamaaaaa banget mikirnya. Untung yang dioven gak hangus hehehe. Akhirnya aku nyerah dengan pemikiranku sendiri. “mungkin tipe kuenya emang seperti ini. Ini cake bukan bread. Jadi mengembangnya juga gak terlalu membumbung tinggi. Kalaupun setelah di test tusuk masih adonan yang nempel, mungkin itu karena pisang yang digunakan matengnya terlalu over”. Begitulah hasil kesimpulanku sendiri yang bodohnya kok ya gak mikir begitu dari tadi. Ini kue untungnya (sekali lagi) gak gosong.
Dan kebodohanku yang kedua adalah… masih panas kuenya langsung aku potong. Hasilnya ya kayak begini.
Rasanya? Kayak makan pisang yang dikasi coklat hahaha… kayaknya ini karena aku pake pisang ijo (orang sini bilangnya begitu) yang masak sangat. Mungkin rasanya bisa lain kalo aku pake pisang raja. Putus asa dengan rasa dan teksturnya, akhirnya kubiarin aja. Sambil berdoa semoga ada yang bantuin makan.


Sejam dua jam aku liat lagi kuenya. Ternyata teksturnya udah berubah. Lebih padet dan gak lembek. Rasanya juga agak lumayan dibanding sebelumnya. Rasa pisangnya yang terlalu dominan agak ketutup sama rasa coklatnya. Hhmmm… emang harus sabar kalo mau hasil yang bagus. Jadi ceritanya ini kue harus ditunggu sampe set.

CHOCOLATE BANANA CAKE
BAHAN :
245 gr    Tepung terigu serba guna
300 gr    Gula pasir
75 gr      Coklat bubuk
2 sdt      Baking powder, pastikan fresh
1/2 sdt   Vanili bubuk
1/2 sdt   Garam
2 butir    Telur ayam ukuran besar
400 gr     Pisang kepok/pisang raja/pisang ambon (kira-kira 5-6 buah pisang ukuran sedang), lumatkan
240 ml    Air hangat
120 ml    Susu cair
120 gr    Mentega cair atau bisa menggunakan minyak sayur

CARA MEMBUAT :
  1. Panaskan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak kawat di tengah oven. Olesi loyang segi empat ukuran 22 x 22 cm dengan margarine dan taburi dengan tepung atau alasi dengan kertas minyak. Sisihkan.
  2. Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung, gula, garam, baking powder dan vanili bubuk. Aduk rata. Sisihkan.
  3.  Siapkan mangkuk besar lainnya, tuangkan air hangat, mentega cair dan susu cair ke dalam mangkuk, aduk hingga tercampur rata. Jika air masih terlalu panas, biarkan sejenak hingga mendingin agar telur tidak matang. Masukkan telur ke dalamnya dan aduk dengan spatula balon hingga tercampur baik. Tambahkan lumatan pisang, aduk rata.
  4. Masukkan campuran tepung terigu dan coklat ke dalam larutan susu dan mentega, aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan panggang selama 40 - 45 menit atau hingga adonan tidak menempel ketika lidi ditusuk ke tengah cake. keluarkan dari oven dan biarkan mendingin sejenak di loyang selama 10 menit. keluarkan dari loyang, balikkan cake di rak kawat dan lepaskan kertas minyak yang melekat secara hati-hati, biarkan cake benar-benar mendingin sebelum mengoleskan ganache.

1 Response to "CHOCOLATE BANANA CAKE"