CILOK

Sebenarnya ini bikinnya dah lumayan lama. Kira-kira udah 2 mingguan nangkring dilaptop karena lupa diposting. Dan kalaupun ingat, timingnya selalu gak pas karena pasti berbarengan dengan waktu meleknya najwa. Jadi pasrah aja ciloknya “berdiam” dalam laptop yang penting gak basi hahaha…


Ceritanya waktu itu pas buka blog langsung liat foto cilok di blognya mbak hesti. Ayah najwa yang kebetulan ada disebelah ikutan liat foto-fotonya. Beberapa detik kemudian langsung request minta dibuatin. Ampun dah… belom apa-apa kepala udah penuh sama pertanyaan yang bernada tidak percaya diri (penyakit gak pedeku kumat hahaha), “Bisa gak ya?”, “Gampang gak ya?”, “Enak gak ya nanti?” dan blablabla…

Berhubung ayah najwa kayaknya lagi ngidam sama yang namanya cilok, jadi dengan hati was-was sekaligus penasaran aku buka blognya mbak pepy untuk nyontek bahan-bahannya. Makasih ya mbak udah sharing resepnya. 
Sebenarnya sih tiap hari sekitar jam 9, pak no penjual cilok kesukaan si ayah dari jaman kecil dulu, selalu lewat depan rumah. Tapi kadang selalu kehabisan jadi jaraaaaang banget beli. Dan tibalah hari ini, hari dimana ayah najwa lagi kangen sekali sama yang namanya cilok dan pak no pun tak kunjung muncul karena mungkin dagangannya sudah ludes duluan didesa sebelah.
Cilok tipe pentol yang liat karena penggunaan tepung tapioca atau tepung sagu sebagai bahan utamanya. Rasa gurih, yang dulunya aku pikir itu daging, ternyata disumbangkan oleh si ebi. Dengan bahan yang serba sederhana (sangat) dan minimalis, aku pikir rasanya juga akan ikut minimalis. ternyata aku salah. Dengan rasa yang cenderung plain, aku pikir bakal gak enak. eh salah lagi. Seledri dan daun bawang salah satu "penyumbang" aroma dan rasa yang handal :D. 


Waktu bikin cilok ini, aku sama sekali gak terlalu berharap dapet penilaian yang memuaskan dari si ayah Karena aku tahu dirilah. Soalnya review ayah tentang cilok pak no adalah “menurutku cilok pak no adalah cilok paling enak. Cilok dan saosnya pas sekali”, begitu katanya. Bikin aku tambah ciut aja nih.

Satu-satunya hal yang bikin aku tetap semangat bikin cilok ini adalah agar ayah najwa senang. Sukur-sukur kalo hasilnya memuaskan :D. Aku memang pernah makan cilok pak no tapi itu udah lama sekali. Kalo sekarang udah lupa-lupa ingat bagaimana rasanya. Gak apa-apalah yang penting udah ada bayangan bagaimana seharusnya rasa dan rupa si cilok ini sebelum bener-bener bikin sendiri.
Daaaaaannn…  Alhamdulillah ternyata enak kata ayah najwa.  Enak sekali kayaknya karena si ayah bolak balik nyomot terus padahal sausnya belom jadi. Untuk saos aku ngarang sendiri dan berhubung rasanya belum memuaskan menurutku jadi kayaknya resepnya kapan-kapan aja deh kalo udah dapet rasa saos kacang yang mantap untuk si cilok ini :)
Yang ini resep ciloknya.


CILOK

BAHAN:
350 gr    Tepung terigu serba guna
250 gr    Tepung Tapioca
3 siung   Bawang putih
2 sdt      Ebi
½ sdt     Merica
Garam secukupnya
1 sdt      seledri  cincang
1 sdt      Daun bawang cincang
400 ml   Air panas

CARA MEMBUAT:

  1. Haluskan bawang putih
  2. Aduk terigu, ebi, garam, merica, seledri dan daun bawang
  3. Tambahkan air panas, aduk rata. Setelah dingin tambahkan tepung tapioca
  4. Dalam wadah, panaskan air. Bulatkan adonan dengan sendok  teh kemudian masukkan dalam air yang panas diatas api kecil.


6 Responses to "CILOK"

  1. pastinya donk, biarpun murah meriah teuteup enak...
    eh tapi kalo di Bandung yang lg ngetren cilok goreng lho, nyaingin kepopuleran cimol sama cireng heheh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... iya mbak cuma belom tau saosnya yang pas nih. mbak diah punya resep buat sausnya kah?cilok di goreng?langsung d goreng aj gtu?gak keras jadinya?

      Hapus
    2. kalo untuk saosnya aku mah biasa aja yang kacang pake cabe, gula, garam, bawang merah, bawang putih gitu. takarannya kira-kira hehehhe..
      heem kalo yang cilok goreng, abis direbus terus diriskan, abis itu digoreng, cuma ati2 aja ntar suka mledak-ledak ciloknya heheh...

      Hapus
    3. ooo.. ak waktu itu saosnya juga kurang lebih kayak gtu. tapi kok kayak ada yg kurang ya.. apa mungkin cara aku ngolah gak pas ya? atau mungkin takaranku yang kurang pas. soalnya kayaknya ak kebanyakn kacangnya hehehehe...

      Hapus
  2. Hai Da, aku mampir nih.. nyicipin cilokmu hehehehe...
    fotonya bagus2 Da, tergiur aku sampe ngiler ini :Q

    BalasHapus
  3. sigiiii... makasih dah mampir ke dapurku hehehe.. lebay ya. alhamdulillah klo bagus tp itu masih harus buanyak belajar gi...

    BalasHapus