Jumat, 28 Juni 2013

Lagi pengen bikin puding… Ngubek-ngubek resepnya mbak hesti karena pernah liat puding yang penampakannya enak diblognya hehehe…  Akhirnya pilihan jatuh ke puding moka vla coklat ini. Lucu juga karena vlanya yang cair bisa ada dibawah. Memang gak akan bisa nyampur karena massa jenis dari vla dan pudingnya beda. Hmmm… Serasa belajar fisika.
Pembuatan puding ini juga unik menurutku. Karena selama ini biasanya dirumah bikin puding cuma dari air/santan, gula, agar-agar dan telur. Itu saja. Jadi berasa excited waktu bikin puding ini. Mulai dari putih telur yang harus dikocok sampai mengembang seperti mau bikin cake hingga penempatan vla yang berada dibawah puding. Makanya puding ini cocoknya di taruh di cup-cup kecil jadi kalo mau dihidangkan gak perlu repot dipindah ke piring lagi. Kalo ingin tampilan puding tampak cantik, atasnya bisa dihias dengan whipped cream, irisan buah segar atau apa aja sesuai selera. Berhubung kemarin lagi males hias-menghias jadi kubikin polosan aja. Selain itu aku bukan tipe orang yang telaten dalam hal mempercantik makanan. Sepertinya lain kali harus meluangkan waktu dan diniatkan bikin yang cantik.
Permukaan pudingku ini bolong-bolong gak bisa mulus, mungkin karena waktu mau menuangkan ke cup, aku ngaduknya kurang jadi busanya ngumpul diatas. Mungkin hehehe…

Kalo rasanya gak usah ditanya. Dari dulu, puding ini merupakan salah satu tipe puding yang aku cari. Lembuutt, komposisinya pas, manisnya pas, dan vlanya itu lho… yang bikin gak tahan. Kalo cuma makan 1 cup, 2 cup sih jelas kurang. Puding sama vlanya bener-bener berjodoh hehehe. Si ayah yang pemilih aja paling banyak habisnya. berarti itu artinya emang enak sekali :D

PUDING MOKA VLA COKLAT
BAHAN VLA:
¾ kaleng Susu kental manis
350 ml    Air
60 gr       Gula pasir
1 sdm      Coklat bubuk
100 gr     Dark cooking coklat
1 ½ sdm  Maizena
¼ sdt       Garam

CARA MEMBUAT:
  1. Campur semua bahan
  2. Masak sambil diaduk terus sampai meletup-letup
  3. Sambil disaring, tuang dalam cup puding sebanyak 1/3 tinggi cup

BAHAN PUDING:
500 ml     Susu cair
1 ½ bungkus Agar-agar bening
1 sdm       Maizena
225 gr      Gula pasir
1 ½ sdm  Coklat bubuk
4 butir      Telur utuh
¼ sdt       Garam
½ sdt       Vanili bubuk
½ sachet Moccacino bubuk (good day)
½ sdt       pasta moka

CARA MEMBUAT:
  1. Kocok telur dan separuh gula sampai mengembang. Sisihkan
  2. Campur susu cair, agar-agar, maizena, coklat bubuk, vanili, dan moccacino bubuk. Aduk rata. Bila perlu saring agar tidak bergerindil.
  3. Tambahkan gula pasir. Masak diatas kompor sampai mendidih. Panas2 tuang kedalam kocokan telur sambil dimixer terus sampai rata dan adonan puding matang. Tambahkan pasta moka. Aduk rata.
  4. Tuang keatas cup yang telah diisi vla perlahan-lahan menggunakan sendok sayur. Sesekali aduk adonan pudingnya agar busa tidak mengapung diatas.
  5. Dinginkan dalam lemari pendingin. Hias sesuai selera.


5.     



Tagged: ,

6 komentar:

  1. Balasan
    1. waaahh... mbak ayu selamat datang :D
      dicoba mbak beneran enak (ni nulis sambil nelan ludah kebayang enaknya hehehe)

      Hapus
    2. iya donk pastinya enaaaks... cuma bahannya banyak amat yak? hihihi*pelit

      Hapus
    3. bukan cuma banyak mbak tapi sedikit agak repot bikinnya hehehe,,,
      tapi sebandinglah sama nikmatnya ;)

      Hapus
  2. bikin lagi aj bu... di atasnya di hiasi wipcream-daun mint dan potongan buah ceri
    pasti cantik

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...