SEMUR DAGING

Hari ini bingung mau masak apa. Celingak-selinguk ke dalam kulkas ada daging. Hmmm… sudah lama rasanya gak masak semur. Akhirnya, menu hari ini adalah masak semur daging hehehe…


Olahan daging yang bisa kumasak pertama kali ya semur daging ini. Biasanya mama paling sering ngolah daging untuk dibuat semur (Keluargaku memang penyuka kecap dan makanan manis). Makanya yang pertama kali kubuat untuk mengolah daging juga pasti semur. Karena mama memang jarang sekali masak daging atau ayam. Dan itu yang terjadi pada diriku setelah menikah… Kalo ada daging dikulkas menu yang pertama kali ada dalam otakku adalah semur. Gak ada yang lain karena yang aku tau cuma itu :D. Soalnya kalo dirumah, kita tiap hari selalu makan ikan. Pokoknya ikan gak ada matinya hehehe.. Bahkan mama pernah bilang “Sekalipun cuma makan ikan kering sama nasi gak apa-apa yang penting i-k-a-n”. Maklumlah darah pesisir pantai gak mungkin hilang sekalipun hidup di gunung hahaha…

Tapi itu dulu. Karena semenjak menikah dan tinggal disini, aku hampir gak pernah makan ikan. Jadi harus pinter-pinter nyari resep olahan daging yang lain selain si semur ini. Kenapa gak pernah makan ikan? Karena aku gak pernah nemu ikan yang benar-benar segar disini (efek dari kebiasaan makan ikan segar). Atau.. mungkin aku yang gak tau tempat jualnya ya..??? 
Apa yang paling aku suka dari semur?? Hmm.. wangi bumbunya saat ditumis dan aroma kecapnya yang bikin nelan ludah kalo lagi masak masakan yang satu ini hehehe. Udah ah kebanyakan cerita…  Silahkan dinikmati semurnya ;)
BAHAN:
500gr  Daging, Iris tipis
4 sdm  Kecap
600 ml Air
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya

BUMBU HALUS:
2 buah   Cabe besar
6 siung   Bawang putih
14 buah Bawang merah
3cm         Jahe
1 sdt        Merica
¼ sdt Pala
*Kalo suka pedes bisa ditambah cabe rawit.

CARA MEMBUAT:

  1. Tumis bumbu halus hingga layu dan harum. Tambahkan sedikit air dan masukkan daging. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk. Masak hingga berubah warna.
  2. Tambahkan air dan masukkan kecap, aduk rata. Masak dengan api kecil hingga daging menjadi empuk. Tambahkan lagi jika airnya menyusut. Masak hingga matang.
  3. Angkat lalu sajikan dengan taburan bawang goreng.




0 Response to "SEMUR DAGING"

Posting Komentar