Jumat, 21 Juni 2013

Gak ada yang istimewa sebenarnya dari panganan yang dibuat dari singkong ini. Nyarinya juga gak susah. Dimana-mana pasti ada dan dengan aneka macam rasa. Kebetulan aku suka sekali sama yang namanya singkong, biasanya sih cuma aku rebus/kukus trus dimakan sama petis ikan. Karena dirumah, biasanya makannya memang cuma begitu aja, digado sama petis. 

Beberapa hari yang lalu bikin kripik singkong karena kebetulan ada singkong nganggur dan kebetulan lagi, aku abis dibawain gula aren banyak sekali dari sumenep sama adekku. Gula merah disini (biasanya aku beli disebelah) rasa dan aromanya kayak gula pasir karena memang bahan dasar pembuatannya dari tebu, sama kayak gula pasir.


Menurutku bikin keripik singkong ini memang gampang sekali tapi… butuh kesabaran untuk membuatnya dan butuh beberapa menit untuk menghabiskannya hahaha… Ya kalo mau cepet sih tinggal beli aja keripik singkong yang sudah jadi trus masak sama gula aren. Cara itu lebih gampang lagi :D. Yang aku suka dari cemilan yang satu ini adalah gula arennya. Keripik singkong yang biasa saja bisa jadi cukup istimewa dengan keberadaan si gula aren. Gula arennya gak mengeras jadi keripik singkong lebih banyak yang “mengumpul” ketimbang lepas satu-satu. Hmmm… kosakataku kurang banyak dalam hal seperti ini makanya kesulitan sekali untuk nyari kata yang tepat hehehe… Yang jelas, satu toples aku sendiri yang habisin soalnya aku suka yang manis-manis. Buat yang gak terlalu suka manis, gula arennya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Sebenarnya kalo mau lebih renyah.. singkong direbus dulu kemudian diiris tipis-tipis, dijemur baru setelah itu digoreng. Hasilnya memang lebih renyah tapi prosesnya terlalu lama dan gak sebanding dengan waktu untuk menghabiskannya. Jadi, aku gak pake proses rebus dan jemur.
This is the receipe..
BAHAN:
1kg Singkong
400gr Gula aren, atau sesuai selera

CARA MEMBUAT:
  1. Kupas singkong, Iris tipis kemudian cuci bersih. Tiriskan.
  2. Goreng singkong tadi dalam minyak yang banyak dengan api sedang hingga kuning dan pinggirnya kecoklatan. Angkat. Dinginkan.
  3. Dalam wajan yang lain, masukkan gula aren. Masak hingga leleh. Kemudian masukkan keripik singkong. Aduk hingga rata.
  4. Angkat lalu dinginkan. Masukkan keripik dalam toples atau wadah kedap udara.

1.      

Tagged: , , ,

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...