Jumat, 07 Juni 2013

Tadaaaa.... Perkenalkan ini Brownies Kukusku yang kedua kalinya aku buat dan yang pertama kalinya sukses. Akhirnya tercapai juga bikin cake. Eh ini termasuk cake kan?? hehehehe.... 

Sebelumnya sudah pernah bikin tapi brownies kukus yang biasa gak pake cappucino. Waktu itu bikin "brownies kukus Ny. Liem"... Hasilnya?? Jelas gagal lah hehehe... Permukaannya bergelombang kayak bukit dan agak bantat. Sssssttt... ak baru tau klo browkusku bantat setelah dua minggu dari uji coba wkwkwkwk... Dulu-dulu gak pernah tau "tampang" kue bantat itu seperti apa. Still newbie in the kitchen jadi ya harus tau rasanya gagal biar ngerti salahnya dimana. Sebenarnya waktu itu  gagal total sih gak soalnya rasanya masih enak dan masih bisa dimakan xixixi.... 

Kesalahanku waktu itu ada di pengocokan dan api. Pengetahuanku tentang dunia cake emang parah sampe gak ngerti bagaimana penampakannya kocokan telur yang mengembang dan yang belum mengembang. Karena, selain bahan yang berkualitas, pengocokan telur yang benar (sesuai resep) akan sangat mempengaruhi hasil akhir. Cake bantat atau tidak, ya juga tergantung pengocokan telur dan pengadukan adonan. Dan untuk menghasilkan browkus yang permukaannya mulus, jangan gunakan api yang besar, cukup api sedang. Karena api yang besar mengakibatkan permukaan browkus bergelombang kayak punyaku dulu. Waktu ngukus browkus ini, tutup dandang aku lapisin serbet bersih biar air kukusan gak langsung jatuh ke kuenya. Tujuannya untuk mengurangi lubang2 pada permukaan kue. Bisa juga pake alumunium foil.

Lumayanlah nambah pengetahuan setelah gagal. Selama ini yang aku bisa cuma makan hehehe... Sempet kapok sih mau buat cake lg tapi berhubung rasa penasaranku untuk nyoba lagi dah gak bisa di rem ya tetep bikin juga akhirnya hehehehe... Resep browkus cappucino ini aku dapet dari hasil nyontek di blognya Mbak HestiSengaja nyari yang lain walaupun tetep brownies kukus biar bikinnya tambah semangat. hmmm... efek dari kegagalan yang pertama ternyata berhasil membuat diriku sangat berhati-hati sekali baca resep dan mempraktekkannya. Resepnya sama persis. Gak ada yang aku ubah karena gak berniat untuk gagal yang kedua kalinya hahahaha...
Sebenarnya browkus cappucino ini sama aja dengan resep browkus Ny. Liem yang sebelumnya dah aku buat cuma coklat bubuknya aja yang di ganti sama cappucino bubuk.

Btw, makasih ya mbak Hesti resepnya. Rasanya bener-bener memuaskan. Enaaaaak banget. Manisnya pas, Lembutnya pas dan yang jelas penampakannya pun pas jadi gak berbukit lagi. Suami aja bolak-balik makan. Katanya kalo cappucinonya dibanyakin lagi pasti tambah enak. Kalo hasilnya begini terus mending bikin sendiri daripada beli :D 
Dustingnya aku pake gula donat karena adanya itu. Mau bikin gula tepung dah males soalnya keburu mau nyobain browkusnya juga ;). Sayang, gulanya gak rata jadi kurang cantik deh.... Yuk, cobain juga bikin browkusnya :D
BAHAN I:
6 butir Telur
230 gr Gula pasir
1/2 sdt Vanili bubuk
1/2 sdt Garam
1 sdt Emulsifier (aku pake SP)

BAHAN II:
125 gr Terigu protein sedang
1 sachet cappucino bubuk
1/2 sdt Baking powder

BAHAN III:
100 gr Minyak goreng (aku pake minyak zaitun)
35 gr Margarin
3o gr Butter
100 gr Dark cooking coklat
*Margarin dan Butter bisa juga diganti dengan minyak goreng jadi nanti totalnya 175ml minyak goreng

BAHAN IV:
75 ml Susu kental manis

CARA MEMBUAT:
  1. Dalam wadah, masukkan bahan III lalu panaskan dengan api sedang sampai meleleh, jangan mendidih. Sisihkan.
  2. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan kental.
  3. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diayak hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. Ambil 100gr adonan lalu campur dengan bahan IV, sisihkan.
  4. Tuang 1/2 bagian sisa adonan tadi ke dalam loyang ukuran 20x20x7 atau 22cm yang telah diolesi dengan sedikit minyak dan dialasi dengan kertas roti. Kukus selama 10 menit dalam dandangyang sudah terlebih dulu dipanasi dengan api sedang.
  5. Tuang adonan yang dicampur dengan bahan IV, kukus 7 menit dan terakhir masukkan sisa adonan. Kukus kembali selama 30 menit hingga matang.
  6. Angkat dan dinginkan.
Najwa belum waktunya maem kue nak...


Tagged: ,

6 komentar:

  1. eh mas ardi... btw makasih dah mampir d dapur sini hehehe

    BalasHapus
  2. salam kenal mb.. Mau tanya ni mb kalau capucino nya ditambah, tepungnya harus dikurangi tdk ya? Btw mb di resep masi tertlis bhan 2 ny coklat bubuk bukan capucino.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huwaaa... iya ya.. maap2.. terima kasih buat koreksinya, sdh aku edit. tepungnya gak usah dikurangi jadi coklat bubuknya aja yang diganti cappucino bubuk. btw salam kenal yaaa :D

      Hapus
  3. Mbak itu capucino bubuk yg kyk gmn yah?apa kyk nescafe dan sejenisnya?
    Lazzizz kyknya

    BalasHapus
  4. iya mbak aku pake nescafe...
    must try deh.. sangat lazizz soalnya hehehe. salam kenal :)

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...