Selasa, 08 November 2016







Alhamdulillah akhirnya bisa kembali ngeblog setelah berkali-kali vakum. Ada saja kendalanya. Yang terakhir ini vakum karena fokus hamil, melahirkan dan mengurus baby boy hehehe. Untuk kedepannya mungkin saya akan lebih banyak menggunakan kamera hape jadi fotonya kemungkinan gak akan setajam menggunakan kamera yang biasa saya gunakan. Soalnya ribet kalau harus pakai kamera karena otomatis harus pakai tripod juga dan untuk saat ini masih belum bisa ribet, biasalah masih ada bayi soalnya :D

Kebetulan beberapa hari yang lalu bikin kue soes jadi buat postingan kali ini. Untuk Vla nya sudah dibuat sekitar 4-5 hari sebelum bikin soes nya jadi biar tahan Vla di simpan di kulkas bagian bawah, bukan freezer. Itupun gak bisa tahan lama sekali. Biasanya hanya sampe 4-5 hari dalam kulkas.

Ini pertama kalinya saya buat kue soes dan ini makanan kesukaan saya dari kecil. Pokoknya suka sekali dengan jajanan atau dessert yang ada vla atau yang bertekstur seperti custard gitu. Kebalikan dari pak suami yang gak suka tekstur makanan yang lembek (kecuali makanan tertentu). Tapi waktu buat kue soes ini ternyata dia suka hanya dengan syarat vlanya dikit saja biar gak belepotan. 

Karena ini pengalaman pertama jadi gak terlalu paham trik dalam pembuatannya jadi modal nekat ajalah :D. Sebenarnya bikin kue soes ini mudah, kalo menurut saya kuncinya ada di pemanggangan. Kue soes harus dipanggang hingga kering dan kecoklatan. Kalo manggangnya kurang kering, saat dikeluarkan dari oven kue soesnya akan kempes seperti yang tampak di foto ini,


Berhubung panas ovennya gak rata jadi dalam satu loyang hasilnya ada yang kering/kokoh dan ada yang kempes. Nah, yang kempes itu karena belum benar-benar kering.

Untuk resep kue soes nya saya pakai resep dari blognya mbak Ricke sedangkan vla nya saya pake resep dari mbak hesti dan saya modifikasi sedikit sesuai bahan yang ada. Untuk vla nya menurutku masih agak encer entah mungkin karena tepung maizenanya saya ganti tepung custard atau memang seperti itu tapi harusnya gak berpengaruh sih ya (*sok tau saya hehe), jadi next mesti tambah terigu sedikit lagi. 


SOES VLA VANILLA (Choux Pastry Vanilla)
Source : Blog Ricke Ordinary kitchen dan Blog Hesti's Kitchen

Bahan choux pastry :
200 ml air
100 gram margarin
1 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
75 gram terigu protein sedang (all purpose)
50 gram terigu protein tinggi
3 butir telur ukuran besar (jika kecil pakai 4 butir), kocok lepas
Kantong segitiga (piping bag)

Cara membuat:
1. Campur air, margarin, garam dan gula pasir. Didihkan di atas api kecil.
2. Matikan api, masukkan terigu yang sudah diayak. Aduk rata dengan sendok kayu hingga tercampur dengan baik. Nyalakan kembali api kecil saja, masak adonan sambil diaduk-aduk hingga kalis (adonan sudah tidak menempel lagi di panci). Angkat dan dinginkan.
3. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas sedikit demi sedikit secara bertahap sambil adonan dimixer dengan kecepatan rendah atau dengan balloon whisk. Jika dirasa adonan sudah cukup lembut untuk dispuit dan telur masih bersisa, hentikan penambahan telur karena adonan akan terlalu cair dan susah untuk dispuit.
4. Masukkan adonan ke dalam kantong segitiga, gunting ujung kantong sekitar 2cm. Spuitkan memanjang (atau bentuk bulat juga boleh) ke atas loyang yang telah dioles margarin tipis. Beri jarak yang cukup satu sama lain.
5. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 200'C selama kurang lebih 30 menit. Sesuaikan dengan oven masing-masing. Jika terlihat adonan sudah mengembang kokoh, kuning kecoklatan dan busa yang terdapat pada adonan sudah hilang berarti kue sudah matang dan siap dikeluarkan.
6. Dinginkan di rak kawat.


Bahan Vla :
600 ml susu cair
1 kuning telur
30 gr tepung custard
20 gr tepung maizena
Gula secukupnya
1/4 sdt garam
1/2 sdt Vanila bubuk
1 sdm butter


Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali butter dan aduk sampai rata dan halus (kalau perlu disaring). Masak sampai meletup-letup. Sisihkan.


Penyelesaian : 
Masukkan bahan vla ke dalam piping bag yang digunting sedikit ujungnya. Semprotkan ke dalam kulit pie yang sudah dilobangi sedikit lalu isi dengan Vla.
Siap disajikan

Tagged: , , ,

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...