MARTABAK TELUR


Seperti biasa ya, cek folder ternyata masih buanyak yg harus "dikeluarkan". Salah satunya "sesi" martabak telur ini. Terlalu lama berdiam di folder tanpa diutak atik hingga lupa kapan tepatnya resep ini di eksekusi. Susah memang kalo jadi orang sok sibuk seperti saya :))

Martabak telur ini saya contek dari blognya mbak Citra (Ummu Fatima). Sedangkan mbak Citra sendiri dapat resepnya dari sajian sedap. Terlepas dari mana sumber asalnya, resep ini patut dicoba bagi penggemar gorengan seperti saya. Rasanya 11-12 seperti kebanyakan yang dijual di luaran sana, bahkan lebih enak menurut saya. Renyah dan sehat juga tentunya :D. 

Sebenarnya gak ada yang susah dari membuat martabak telur ini, hanya butuh kecepatan dan ketepatan (tetep susah ya ini namanya hehehe). Step yg paling sulit buat saya adalah saat adonan sudah di wajan karena harus cepat dan tetap hati-hati saat melipat adonannya. Jadi pekerjaan membuat martabak telur ini saya lakukan dengan suami. Saya bagian menipiskan adonan lalu memasukkan kedalam wajan dan diberi isian, pekerjaan berikutnya yaitu melipat dan menggorengnya adalah tugas suami. Sebenarnya gak bermaksud menyuruh suami untuk ikut bekerja di dapur tapi buat kami, terutama saya, hal seperti ini termasuk quality time. Alhamdulillah sih suami asik-asik saja :D

oke langsung saja yak, here we go for the recipe,


MARTABAK TELUR
Sumber : Ummu Fatima

Bahan Kulit :
200 gr   Tepung terigu protein tinggi
1/4 sdt   Garam
140 ml  Air
30 gr     Minyak goreng
500 ml  Minyak goreng untuk merendam
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat :
Campur tepung terigu dan garam. Tuang air sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan minyak goreng. Uleni shingga kalis  dan elastis secukupnya. Timbang masing-masing 75 gram. Bulatkan. Rendam dalam minyak goreng 2 jam. (setelah direndam adonan menjadi semakin elastis, mudah untuk dilebarkan)

Bahan Isi :
200 gr    Daging giling
2 siung   Bawang putih, diiris tipis
3 butir    Bawang merah, diiris tipis
2 buah    Cabe merah, dicincang halus
2 sdt       Kari bubuk (saya skip)
1/2 sdt    Garam
1/2 sdt    Merica bubuk1/2 sdt Gula pasir
1 batang Daun bawang, diiris halus
Minyak untuk menumis

Cara Membuat :
Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah sampai harum. Tambahkan daging giling. Aduk sampai berubah warna. Masukkan kari bubuk (saya skip), garam, merica bubuk, dan gula pasir. Masak sampai meresap. Tambahkan daun bawang. Aduk rata. Sisihkan.

Bahan Campuran Per Porsi :
25 gr       Bawang pre, diiris halus
2 butir    Telur, kocok lepas
1/2 buah Bawang bombay, cincang halus
1/2 sdt    Garam
1/4 sdt    Merica bubuk
50 gr      Bahan tumisan daging (secukupnya)

Penyelesaian :
Pipihkan kulit dan giling tipis. Campur daun bawang, telur bebek, bawang bombay, garam, merica bubuk, dan tumisan daging. Aduk rata. Panaskan minyak dalam wajan martabak. Letakan selembar kulit. Beri campuran isi. Lipat. Goreng sampai matang sambil disiram minyak.







0 Response to "MARTABAK TELUR"

Posting Komentar