DADAR ES PISANG IJO



Es Pisang Ijo merupakan menu buka puasa kesukaan kami sekeluarga. Sayangnya Es pisang ijo yg saya post ini bukan di buat saat bulan puasa kemarin tapi jauh sebelumnya sudah saya eksekusi karena penasaran dengan cara membuat kulitnya yang hanya didadar oleh mbak Hesti. Makanay namanya jadi "Dadar Es Pisang Ijo". Kalau mama saya biasanya menggunakan teknik dikukus dua kali. Jadi adonan kulit dikukus terlebih dahulu kemudian di balut pisang setelah itu dikukus lagi. Ribet memang tapi sesuailah dengan hasilnya :). 

Sebelumnya saya belum pernah sama sekali membuat makanan ini. Dan ini adalah yg pertama kalinya. Cari resep yang gampang karena was-was gak sanggup kalau terlalu susah hehehe. Untuk yg kedua kalinya saya buat lagi es pisang ijo ini saat bulan puasa kemarin tapi dengan teknik yang berbeda. InsyAllah lain kali akan saya post dengan teknik yang lain (baca: Ribet), semoga saya tidak -sok- sibuk kedepannya agar blog ini juga tampak ber"penghuni" :D




Buat dadar pisang ijonya beneran gampang deh, cuma karena saya baru pertama kali pake pan crepe maker alias wajan kwalik jadi ya berasa susahnya dan hasil akhirnya juga tidak semulus seperti punya mbak Hesti. Karena belum terbiasa aja sih (Ngeles :D). Kalo untuk tekstur kulitnya saya lebih suka dengan teknik klasik yang biasa digunakan oleh mama saya. Kalo yang didadar begini kulitnya juga lembut sih cuma sayangnya cepet kering dan lengket. Mungkin harus di bungkus plastik wrap atau daun pisang kali ya biar kulitnya gak kering.

Dalam penyajiannya kalo bisa es batunya di hancurkan kasar ya biar tampak cantik jadi tidak seperti yang tampak dalam gambar di bawah ini, es batunya tampak mengerikan hahahah. Tapi tetep enak dan seger kok. Percaya deh ;)



DADAR ES PISANG IJO
Sumber : Hesti's Kitchen

Bahan :
250 gr      Tepung protein sedang
300 ml     Santan (kurang lebih)
100 ml     Air pandan suji (saya hanya daun pandan)
1/2 sdt     Garam
1 sdm      Margarin leleh
1 sisir      Pisang Raja yang matang, kukus

Saus (Larutkan dan masak semua bahan hingga meletup-letup) :
1000 ml  Santan dari 1 butir kelapa
150 gr     Tepung terigu/tepung beras (kalau mau agak encer bisa di kurangi)
1/2 sdt     Garam
200 gr     Gula pasir
2 lbr        Daun pandan

Pelengkap :
Sirup pisang ambon ( saya pakai sirup cocopandan)
Es serut
Susu kental manis (Saya skip)

Cara Membuat :

  1. Dalam wadah, campur terigu, santan, garam, dan air pandan suji. Aduk rata menggunakan whisk, bila perlu saring agar adonannya halus dan licin. Tambahkan margarin leleh, aduk rata.
  2. Bikin dadar satu persatu, langsung masukkan pisang ke dalam kulit kemudian gulung (agar pisang dan kulit saling menempel). Rapatkan ujung-ujungnya. Lakukan hingga adonan habis.
  3. Potong-potong dan siap disajikan bersama bahan pelengkap lainnya.


4 Responses to "DADAR ES PISANG IJO"

  1. Enaknya,,... saya ngiler kalau lihat ini. Apalagi saat panas-panas. Biasanya saya lihat dipinggir jalan. Mau beli, tapi saat itu masih belum ada kesempatan... o ya selamat ya mbak, jadi blog pilihan di IDFB bulan Agustus :)

    BalasHapus
  2. loh iya kah?? walah saya baru tau ini dari mas sandi klo masuk blog pilihan. langsung meluncur nih saya. Btw, makasih ya mas infonya. dan satu lagi, es pisang ijonya bikin sendiri lebih mantap lho mas heheheh :D

    BalasHapus
  3. Resepi yang sedap... Salam kenalan dari Malaysia food blogger... www.mahamahu.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal dari indonesia juga. thanks atas kunjungannya pak cik. senang juga bisa berkunjung ke mahamahu :)

      Hapus