PISANG RAI DARI BALI


Saya suka pisang, terutama makanan olahan dari pisang :D. Jadi saat di rumah ada pisang itu berarti waktunya mengumpulkan segala resep yang berhubungan dengan pisang hehehe. Setelah berlama-lama di depan komputer untuk memilah-milah resep, Akhirnya jadi pengen buat pisang rainya mbak Diah Didi aja. Thanks ya mbak sudah sharing resepnya.

Jajanan ini asalnya dari Bali dan sebenarnya gak beda jauh dengan pisang ijo nya orang Makassar hanya mungkin beda di cara membuat kulitnya. Kalo menurut saya sih, pisang yang enak untuk pisang rai ini adalah pisang raja, “Pisah tanaman” kata orang di daerah saya. Kulitnya kan gurih jadi isiannya harus manis biar imbang dan buat saya pisang yang manis dan cocok dibuat olahan itu pisang raja. Cuma kebetulan waktu itu yang ada pisang kepok jadi pake yag ada saja.

Btw, ini buatnya sudah pertengahan tahun kemarin hehe.



PISANG RAI (BALI)

Bahan :
10 buah  Pisang kepok
100 gr    Tepung beras
2 sdm     Tepung tapioka
75  ml    Air panas
2 sdm     Santan instan
1/2 sdt    Garam
1/2 sdm  Gula pasir
Kelapa yang di parut memanjang, campur dengan sedikit garam, lalu kukus sebentar

Sirup Gula Merah (masak hingga gula larut dan mendidih) :
Gula merah
Sedikit Air



Cara membuat :
  1. Aduk rata tepung beras dan tepung tapioka, serta garam dan gula pasir , tambahkan air panas sedikit demi sedikit hingga rata.
  2. Masukkan santan instan, dan pasta pandan, aduk rata hingga jadi adonan yang kental.
  3. Didihkan air, celupkan pisang ke dalam adonan tepung , lalu masukkan ke dalam air mendidih. Rebus hingga mengapung dan matang.
  4. Tiriskan, lalu segera gulingkan ke kelapa parut. Sajikan dengan sirup gula merah.



0 Response to "PISANG RAI DARI BALI"

Posting Komentar