AYAM MASAK MERAH


Ini resep andalan mama saya selain opor kalau kami, anak-anaknya berkumpul semua di rumah dan saat lebaran. Simpel gak ribet. Dimana-mana yang namanya simpel itu ya gak ribet ya hehehe. 

Dulu, ayam masak merah ini juga yang pertama selalu ada dalam kepala saya dalam mengolah ayam karena hanya itu yang saya tahu. Pertama kali belajar masak ayam ini, jelas rasanya beda jauh dengan yang dimasak sama mama sekalipun resepnya persis sama tanpa ada penambahan atau pengurangan ingredient. Sampai sekarangpun masih gak bisa dan bahkan mungkin gak akan pernah bisa menyamai rasanya dengan yang di masak mama. walaupun begitu toh resep ini juga akhirnya menjadi resep andalan saya:D


AYAM MASAK MERAH

Bahan : 
1 ekor Ayam
1,5 lt  Air
Kecap
Gula
Garam
Kaldu Bubuk Instan
Minyak Untuk menumis

Bumbu Halus :
12 buah Bawang merah
6 siung  Bawang putih
6 buah   Cabe merah/besar
1/2 sdt  Merica
1/4 sdt  Pala
2cm     Jahe

Cara Membuat :
  1.  Haluskan semua bahan bumbu kemudian tumis hingga harum. Masukkan air dan ayam. 
  2. Tambahkan Kecap, gula, garam dan kaldu bubuk. Didihkan hingga air berkurang separuh lalu tambahkan air lagi. Masak dengan api kecil hingga matang.
  3. Angkat lalu sajikan :)
 *NOTE : saya selalu menggunakan api sedang cenderung kecil untuk memasak ayam/daging berkuah seperti ini agar bumbunya meresap.

0 Response to "AYAM MASAK MERAH"

Posting Komentar