AFRICAN GATEAU CAKE


Sudah lama pengen buat kue yang satu ini tapi baru kesampaian beberapa minggu yang lalu. Satu-satunya alasan yang membuat saya selalu menunda untuk mengeksekusi kue yang satu ini karena vlanya. Membayangkan vla yang kental cenderung cair "berada" diantara potongan kue itu bikin saya maju mundur. Apa vla nya bisa padat? karena kalo kekentalannya gak pas Vla nya mungkin tidak akan bisa padat/set dan akhirnya akan belepotan kemana-mana. Belum eksekusi sudah macem-macem mikirnya hehehe. Tapi melihat hasil mbak Hesti dan mbak Dyah pada bagus-bagus jadi saya yakin nanti punya saya juga akan bagus. Ke-pede-an ya hahaha.

Dan... Beginilah hasilnya. Vla nya gak bisa padat sekalipun sudah di masukkan dalam kulkas. Sepertinya kesalahan saya saat buat vla mungkin kurang lama sedikit masaknya jadi kentalnya kurang. Atau mungkin kalo mau bikin lagi harus ditambah tepung terigu atau maizena lagi sedikit. Btw, ternyata bikin kue yang cantik itu susah ya :D

Sebenarnya penasaran kenapa dinamakan african gateau padahal "katanya" kue ini bukan berasal dari sana. Sudah googling tapi masih belum ketemu juga informasi yang komplit tentang kue yang satu ini. Oya, resepnya dapat dari blognya mbak Hesti yang pake brownies kukus sebagai basecakenya. Dulu sudah pernah saya buat juga tapi versi brownies cappucino. Aslinya cake african gateau itu di oven dan menggunakan banyak telur dalam adonannya. 



AFRICAN GATEAU
Sumber : Hesti's Kitchen

BAHAN I :
6 butir Telur
230gr Gula pasir
1/2 sdt Vanili bubuk
1/4 sdt Garam

BAHAN II:
125 gr Tepung terigu serbaguna
50gr Coklat bubuk
1/2 sdt Baking powder 


BAHAN III:
100ml Minyak goreng
75gr Salted Butter
100gr Dark cooking chocolate

BAHAN FILLING / VLA :
1/2 kaleng Susu kental manis+air sampai menjadi 600 ml
50 gr Maizena + 20 gr Terigu
2 Kuning Telur
1/2 sdt Vanili bubuk
1/8 sdt Garam
Gula secukupnya
1 sdt Butter

CARA MEMBUAT : 
  1. Dalam panci, masukkan minyak, butter, dan dark coklat. Panaskan dengan api sedang hingga meleleh, jangan mendidih. Sisihkan.
  2. Campur dan kocon bahan I hingga mengembang dan kental berjejak.
  3. Masukkan bahan II sedikit demi sedikit sambil diayak dan diaduk hingga rata. Tuang bahan III, aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata.
  4. Tuangkan adonan ke dalam loyang ukuran 20x20x7cm yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Kukus selama 30 menit dalam dandang yang sudah terlebih dahulu dipanaskan dengan api sedang (api jangan terlalu besar agar tidak bergelombang pada permukaan kue).
  5. Angkat dan tunggu hingga agak dingin kemudian keluarkan dari loyang dan belah mendatar menjadi 3 bagian. sambil menunggu benar-benar dingin, buat vlanya.
  6. VLA :  Campur sus, maizena, kuning telur, vanili bubuk, garam dan gula  lalu aduk hingga rata dan tidak bergerindil. Bisa juga dengan mencampur semua bahan kecuali gula dan butter kemudian aduk rata dan saring lalu masukkan gula.
  7. Masak sambil meletup-letup sambil terus diaduk agar tidak menggumpal dan gosong dasarnya. Matikan api dan tambahkan butter. Aduk sampai leleh dan tercampur rata. Tuang di atas kue.
#catatan : Pastikan vlanya sudah mendidih/meletup-letup dan kental sekali agar saat d tuang ke atas kue bisa set tidak seperti punya saya :D
 



0 Response to "AFRICAN GATEAU CAKE"

Posting Komentar