CUMI ASAM MANIS ala MAMA



Late post (again)...
Seperti biasa foto lama yang baru bisa diposting setelah "bongkar" isi laptop. Menu ini dibuat saat masih di Surabaya. Waktu itu dapat kiriman seafood (ikan, udang dan cumi) dari mama. Cuminya lumayan banyak waktu itu. sudah dimasak hitam dan masih ada sisa, jadi dibuatlah menu ini, Cumi Asam Manis. Resepnya juga dari mama...

Sampai hari ini saya masih bingung dapat seafood yang segar di daerah kediri. Jadi masih belum bisa menikmati ikan dan teman-temannya kalau gak pulang ke sumenep. Pernah ke salah satu pasar besar di Kediri Kota tapi agak mengecewakan karena kebanyakan ikannya seperti sudah lama. Entah karena saya yang telat datang ke pasarnya atau Memang seperti itu kondisinya. Waktu itu ke pasar jam 3 sore. Menurut informasi katanya sih jam 2 siang itu kebanyakan ikan baru didatangkan dari daerah Tulungagung, Trenggalek dan sekitarnya. Harusnya gak telat-telat banget ya. Hmmm... mungkin teman-teman yang dari kediri bisa kasi info? hehehe ;)

Ohya, balik ke cumi asam manis, kalau misal punya buah nanas mungkin bisa dimanfaatkan sebagai tambahan dalam cumi asam manis ini. Jadi, asamnya dapat dari nanas gak cuma dari saos tomat. Rasanya jelas lebih enak yang pake nanas ya. Lebih mantap. Berhubung waktu buat ini lagi gak ada nanas jadi apa adanya saja hehe. Untuk ukuran potongan cumi, usahakan potong dengan ukuran lebih besar dari ukuran yang diinginkan ya karena saat proses memasak, cumi akan mengerut/menyusut. 

Dalam Proses memasak cumi saya lebih suka memasaknya lebih lama dengan api kecil daripada merebusnya terlebih dahulu dengan air. Sebagian orang mungkin memilih untuk merebusnya terlebih dahulu agar menghasilkan cumi yang gak alot. Tapi mama tidak pernah memasak seperti itu. biasanya hanya dimasak lama bersama bumbu dengan api kecil. Selain cuminya empuk bumbu juga lebih meresap.

CUMI ASAM MANIS ala MAMA

Bahan :
1kg Cumi, Potong kotak memanjang (atau sesuai selera)
1 buah   Bawang Bombay, cincang
2 buah   Bawang Putih, cincang
1 sdm    Saos Tiram
2-3 sdm Saos Tomat (atau sesuai selera)
Air, Secukupnya
Gula, secukupnya
Garam, secukupnya

Cara Membuat :
  1. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum, tambahkan air.
  2. Masukkan saos tiram, saos tomat, gula dan garam.
  3. Terakhir, masukkan cumi. Masak dengan api kecil cenderung sedang hingga airnya menyusut dan cumi sudah empuk. kalau cumi masih alot, tambahkan sedikit air lalu masak kembali hingga cumi empuk (tidak alot/keras)







0 Response to "CUMI ASAM MANIS ala MAMA"

Posting Komentar