SPAGHETTI with BOLOGNESE SAUCE





Membuat saus bolognese ini sebenernya karena iseng. Bikinnya beberapa bulan yang lalu tentunya tapi baru sempat diposting sekarang. Hutang postingan saya sepertinya masih banyak :D. Jadi, ceritanya waktu itu saya punya daging cincang yang banyak. Hasil cincangan sendiri pake food processor. Nah, karena sudah harus segera diberdayakan, bingung deh mau dibuat apa dan yang ada di kepala waktu itu hanya spaghetti. No idea ckckckck...

Akhirnya dengan modal nekat, daging cincang dan bumbu pendukung lainnya tentu saja, saya langsung searching resep saus bolognese. Ketemu yang sreg di detik.com. Ya sudah, setelah melalui proses yang gak mudah karena gak pernah buat sebelumnya jadilah saus blognese seperti yang ada di foto. 

Jelas masih jauh dari sempurna karena kalau dibandingkan sama saus instan yang biasa saya pakai tekstur atau penampakannya beda. Lebih "licin" yang instan. Pertama, mungkin karena cincangan dagingnya yang kurang halus. Kedua, pada bagian memasukkan dan memasak daging, dagingnya menggumpal. Harusnya mungkin sebelum di masak, cincangan dagingnya saya tambahkan sedikit air agar nantinya mengurangi gumpalan saat proses masak (pernah baca di sebuah blog seperti itu caranya :D). Ketiga, saya terlalu banyak memasukkan minyak zaituuunn. Waktu itu memang saya gak saklek ikut resep persis.Tapi yang jelas spaghettinya habis dilahap sama si ayah dan adekku. Entah karena pada kelaparan dan memang gak ada pilihan lain atau memang enak hahaha...





BOLOGNESE SAUCE
Sumber : Detik food yang sudah saya modifikasi

BAHAN :
40 gr   Wortel, potong dadu
40 gr    Bawang Bombay, cincang
40 gr    Batang seledri besar, potong dadu
100 ml Olive oil
300 gr  Daging cincang
4 buah Tomat yang sudah dikupas
40 gr    Tomat Pasta/saus tomat
1 sdt    Garam
½ sdt    merica bubuk
150 ml Air
Daun herb kering




CARA MEMBUAT :

  1.  Panaskan minyak dalam wajan
  2.  Masukkan daging cincang, masak beberapa saat hingga kecoklatan lalu aduk.
  3.  Tambahkan wortel, bawang bombay dan seledri, aduk hingga layu.
  4.  Tambahkan garam dan merica. Masak hingga agak kering 
  5.  Tambahkan tomat dan pasta tomat, aduk dan masak dengan api kecil selama minimal 40 menit hingga kental. Jika perlu tambahkan air
  6.  Angkat, saus siap dipakai

2 Responses to "SPAGHETTI with BOLOGNESE SAUCE"