Rabu, 12 Juni 2013

Bikinnya barengan sama rujak tapi postingnya baru sekarang. Kalo punya baby sehari kayaknya kurang kalo cuma 24 jam, jadi harus pinter nyuri-nyuri waktu. Apalagi kalo semangat cooking lagi "menggila" bisa stres sendiri karena kadang berbagai resep hanya muter dalam kepala tanpa bisa "mengeksekusi". Tapi... Gak apa-apa lah. Masak kan masih bisa kapan-kapan hehehe...

Ide bikin es pepaya ini dari mbak warni, mbak yang biasa bantuin aku setiap harinya. Dia cerita, dulu biasanya ada yang jualan es pepaya kayak gini. Biasanya dijual 2oo rupiah per bungkus. Tapi itu dulu, sekarang sudah gak ada. Ooww... Pantesan...
Di desa sini memang banyak sekali orang nanam pepaya. Rata-rata setiap rumah disini pasti ada pohon pepayanya, minimal satu lah.


Bikinnya gampang sekali. Bahannya juga cuma sedikit sekali. Lumayanlah buat variasi dalam rangka menghabiskan buah pepaya hehehe... Waktu diajarin proses bikin es pepaya ini, sempet mikir kok cara dan bahannya sama kayak stup pisang yang biasa aku buat?? Dan ternyata memang sama. Setali tiga uang....
Kalo ada yang mau nyoba, resepnya berikut ini, gak aku tulis takarannya karena waktu bikin juga gak ditakar, asal cemplung-cemplung aja. Jadi, sesuai selera masing-masing aja ya :)
BAHAN:
Pepaya
Air
Gula
Kayu manis

CARA MEMBUAT:
  1. Potong-potong pepaya dengan ukuran 5x3cm atau sesuai selera. Cuci bersih. 
  2. Taruh pepaya dalam panci lalu tambahkan air melebihi tinggi pepaya. Masukkan gula dan kayu manis. Masak hingga pepaya layu dan menyisakan sedikit air.
  3. Masukkan dalam plastik bening lalu ikat dengan karet. Dinginkan di freezer.
Foto yang dibawah ini penampakan pepaya setelah dimasak. 









Tagged: ,

9 komentar:

  1. MBK,,,PEPAYA YG DPAKAI SEBAIKNYA YANG UDAH MATENG ATAU SETENGAH MATENG AJA?

    BalasHapus
  2. mateng bisa juga mbak,tapi yg over matengnya. semoga membantu dan maaf baru bales :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf baru sadar kalo keliru ketik :D, maksud saya yang gak over matengnya

      Hapus
  3. Gula nya segimana itu untuk misal satu buat pepaya.. Dan kayu manis brapa?? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gula bisa dikira2 pak,disesuaikan dengan selera manisnya.kalo kayu manis bisa pake sekitar 1-2 batang kayu manis.

      Hapus
  4. Gula nya segimana untuk satu buah pepaya, kayu manis nya segimana juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...