SUP TOM YUM GAI dan Si KETUMBAR (CILANTRO)


Ternyata mendisiplikan diri untuk mengisi blog ini dengan postingan terbaru minimal seminggu sekali ternyata masih cukup sulit untuk saya :(. Berharap suatu saat waktu saya hanya diisi dengan memasak, memotret, blogging, berkebun lalu menjahit (padahal saya tidak bisa menjahit heheh) tanpa melupakan waktu berkualitas dengan anak. Untuk sementara mungkin akan seperti  ini dulu, posting blog sesuka hati, mood dan waktu :D.

Lagi-lagi ini late post. Harusnya diposting berbulan-bulan yang lalu. Tak apalah yang penting bisa di post dan share resep yang sudah saya eksekusi hehehe.


Tom Yum ini saya buat waktu masih punya tanaman ketumbar, sekarang tanamannya sudah mati karena menua dan sayangnya tidak sempat menghasilkan benih untuk ditanam kembali karena keburu dikerubuti hama. Waktu itu hasil tanam ketumbarnya sebenarnya cukup untuk berpanci-panci sup Tom Yum dari saking -lumayan- banyaknya :D tapi saya hanya bikin sepanci sup karena yang makan hanya saya seorang, suami ternyata gak doyan mungkin karena aroma dari daun ketumbarnya yang menurut saya malah unik.  


Tom Yum Gai merupakan makanan yang berasal dari Thailand. Kebanyakan rempah yang digunakan orang Thailand gak terlalu jauh beda dengan orang Indonesia, cuma memang ada beberapa rempah yang gak kita gunakan, salah satunya daun ketumbar ini. Tom Yum sebenarnya sup ala Thailand yang bahan utamanya kombinasi dari Ayam atau seafood dan jamur. Sama halnya dengan sup pada umumnya, pembuatan Tom Yum juga mudah, hanya iris-cincang-cemplung karena referensi resep yang saya dapat seperti itu hehehe. Apa yang membuat Tom Yum ini beda dengan sup yang biasa kita buat? Menurut saya, Cilantro atau daun ketumbar ini yang membuatnya menjadi lebih istimewa. Dimakan hangat saat musim penghujan seperti ini pasti mantap.

Ketumbar (Coriandrum Sativum) yang dalam bahasa inggrisnya disebut Coriander dan bahasa Amerika latinnya adalah Cilantro merupakan tanaman yang bisa hidup di dataran rendah maupun dataran tinggi (source: Wikipedia). Tapi menurut pengalaman teman-teman yang sudah pernah mencoba menanam, Cilantro ini ternyata lebih mudah hidup di dataran tinggi ketimbang di dataran rendah. Apalagi kalau tanamnya dari biji/benih, biasanya sproutnya lama. Sepertinya waktu itu saya sedang beruntung, pertama kali belajar berkebun dari nol dan langsung menanam Cilantro dari benih tapi bisa berhasil itu buat saya luar biasa :D. Sempet putus asa juga sih waktu semai Cilantro ini karena sproutnya lama beneeer. 



TOM YUM GAI (SUP AYAM PEDAS ala THAI)

Bahan :
3 potong paha ayam bgian atas dan bawah (saya pakai yang bagian dada), potong kotak + 1/2 buah Jeruk nipis + 1 sdm Garam
1/2 sdt    Merica
1 sdt Garam
8 buah    Jamur Champignon (Saya pakai jamu kancing)

Bumbu :
4 butir    Bawang merah, cincang halus
4 butir    Bawang putih, cincang halus
3 batang Serai, keprak dan rajang halus
2 ruas    Jahe atau Lengkuas, iris tipis
10 buah Cabe rawit, rajang halus (kurangi jika tidak suka pedas)
5 lembar Daun jeruk purut, buang tulang daunnya, rajang halus

Bumbu lainnya :
3 sdm     Kecap ikan
1 batang Daun bawang, rajang kasar
2 buah    Tomat, iris tipis
1 sdt       Garam
1 1/2 sdt Kaldu bubuk (opsional)
2 butir    Jeruk nipis, ambil airnya
1 ikat      Daun ketumbar, rajang kasar
1 sdm     Minyak untuk menumis
1 lt         Air/air kaldu

Cara Membuat :
  1. Lumuri ayam dengan garam dan perasan jeruk nipis, remas-remas, diamkan selama 10 menit, cuci hingga bersih.
  2. Taburi ayam yg telah berish dengan 1/2 sdt merica dan 1 sdt garam, remas-remas hingga rata.
  3. Panaskan 1 sendok makan minyak, goreng ayam dengan api sedang hingga berubah warna, jangan lupa untuk dibalik-balik agar tidak gosong. Angkat ayam.
  4. Tumis semua bumbu iris dengan minyak bekas menggoreng ayam hingga harum. 
  5. Tambahkan 1 liter air/kaldu dan masak hingga mendidih. Masukkan ayam, masak hingga matang.
  6. Tambahkan Jamur, daun bawang, tomat, kecap ikan, garam, kaldu bubuk dan air jeruk nipis, aduk rata. Masak Sebentar dengan api kecil hingga jamur matang.
  7. Tambahkan daun ketumbar, mayikan api kompor, aduk sup hingga rata. Cicipi rasanya. 





0 Response to "SUP TOM YUM GAI dan Si KETUMBAR (CILANTRO)"

Posting Komentar