CENIL UBI UNGU


3 minggu yang lalu Mama datang dengan membawa banyak sekali pisang dan ubi ungu. 4 kilogram ubi ungu dan 1 tandan pisang raja + 1 sisir pisang kepok. Tadinya memang banyak resep yang pengen aku coba tapi setelah dibawain banyak begini malah aku yang bingung. Dalam hati mikir, kira-kira ini mau dibikin apa aja nih? Abis gak ya?? hahaha. 


Kita mulai dengan cenil untuk postingan pertama yang bertema ubi ungu. Ceritanya waktu itu liat postingan cenil ubi ungunya mbak ummu (enak manggil mbak ummu aja deh hehehe) di fesbuk. Besoknya langsung aku eksekusi biar cepet habis ubi ungunya. Baru sekarang ini bisa posting resepnya :D. Makasih buat resepnya ya mbak ;) 


Berhubung punya persediaan gula aren jadi aku gak menambahkan gula pada cenilnya. Jadi, manisnya dapet dari siraman gula aren aja. Selain itu ubi ungunya juga ku tambah sedikit biar warnanya lebih ungu dan dalam rangka menghabiskan kukusan ubi ungu sebelumnya :D. 

Cenil ini paling enak dimakan saat masih hangat. Aku bikin bentuknya yang besar-besar biar cepet kelar xixixi...


CENIL UBI UNGU
Sumber : Ummu Fatima 

Bahan :
225-250 Tepung Tapioka
130 ml    Air Mendidih
50 gr      Ubi ungu, kukus dan haluskan (aku 90 gr)
Kelapa parut
Sedikit garam
Air untuk merebus

Cara Membuat ;
  1. Campur kelapa parut dan garam. Aduk rata. Kukus sekitar 15 menit, angkat dan sisihkan.
  2. Didihkan 130 ml Air. Ambil 1 sdm tepungg tapioka, larutkan dengan 3 sdm air biasa, lalu tuang ke air mendidih tadi sambil diaduk cepat sampai kental. Masukkan sisa tepung dan ubi ungu, aduk dengan tangan sampai ubi ungu merata, adonan menjadi kalis dan dapat dibentuk.
  3. Ambil sedikit adonan, bentuk sesuai selera. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Didihkan air, rebus adonan hingga mengapung dan matang. Angkat. Gulingkan di kelapa parut dan siram dengan sirup gula merah.






0 Response to "CENIL UBI UNGU"

Posting Komentar