Senin, 28 April 2014

Ada banyak cara dalam mengolah pisang. Mulai dari jajanan tradisional yang tak terhitung jumlahnya hingga makanan orang luar yang juga banyak. Mulai dari cake, roti, puding, hingga es. Mulai dari yang manis hingga gurih. Mulai dari yang sangat enak hingga enak saja hehehe :D

Kami di rumah sebenarnya bukan pecinta pisang tapi buah yang paling sering ada di rumah itu pisang. Setiap pulang dari pasar mama biasanya nenteng pisang kalo sekiranya di rumah lagi gak ada cemilan. Bukan untuk dimakan begitu saja tapi untuk di olah lagi, entah itu nantinya jadi pisang goreng, barongko, kolak atau mungkin setup pisang seperti ini. Gak cuma itu sih pisang pun ternyata bisa di sulap jadi sayur sama mama.


Oya, sebelumnya perkenalkan, cik bae', bukan siapa-siapa tapi itu panggilan orang di kampung untuk mamaku. Namanya yang asli Zubaidah bisa berubah  jadi Bae' untuk lidah orang di kampungku. Asik juga ya punya panggilan yang gak umum seperti itu hehehe...

Oke, kembali ke setup pisang. Jangan tanya darimana mama dapat cara membuat setup pisang yang seperti ini. Terlalu banyak kota yang ditinggali membuat semua makanan buatan mama gak selalu saklek berasal dari satu daerah. Jadi, biasanya kalo waktunya makan, menu di atas meja bisa berasal dari 2 hingga 3 daerah. Dan untuk setup pisang ini masih belum sempat juga aku tanyakan darimana asalnya karena setupnya tidak seperti kebanyakan yang beredar di internet. Beda karena ada penambahan telur di dalamnya. Insya Allah gak amis kok :). Disarankan untuk disajikan dalam keadaan dingin karena efek segarnya bikin ketagihan hehehehe.. Lebay ya..

Kalau suka dengan aroma kayu manis yang kuat, bisa ditambahkan kayu manisnya. Gulanya juga silahkan disesuaikan dengan selera masing-masing. .

SETUP PISANG ALA CIK BAE'

Bahan :
10 buah  Pisang Kepok / Raja
2 butir    Telur, kocok lepas
1 buah    Kayu manis
200 gr    Gula pasir (sesuaikan manisnya)
1500 ml  Air

Cara Membuat :
  1. Kukus pisang hingga matang kemudian potong-potong kira-kira setebal 1,5 cm.
  2. Dalam wadah, campur pisang dengan kocokan telur, aduk rata.
  3. Rebus air, gula,dan kayu manis hingga gula larut. Masukkan campuran pisang dan telur ke dalam rebusan air. Masak hingga mendidih dan harum.
  4. Sajikan dingin lebih nikmat.








Minggu, 27 April 2014


Ini foto lama tapi baru keposting sekarang (seperti biasa :D). Berawal dari pisang yang suuuuuper matang sekali di kulkas. Kalo kondisi pisangnya sudah begitu, jelas gak mungkin ada yang makan. Pisang masih bagus dan seger aja belum tentu dilirik apalagi yang keadaannya sudah memprihatinkan seperti ini. Mau di buang sayang. Akhirnya  bikin Brownies pisang liat di blognya Mbak Hesti. Asli resepnya dari mbak Endang dan sebenarnya ini . Makasih ya mbak mbak yang cantik karena sudah bersedia share resepnya ;)

Berhubung teknik pembuatan kue ini cemplung-cemplung saja (karena gak menggunakan mixer) jadi jangan berharap kuenya akan tampak menul-menul atau spongy seperti bolu pada umumnya. Kue ini bertekstur dan berpenampilan bantat karena memang begini yang namanya brownies hehehe...

Waktu bikin ini, adonan aku bagi dalam dua loyang. Loyang yang pertama aku kukus dan loyang yang kedua aku panggang. Pengen tau bagaimana bedanya. Kalo dari aroma sih jelas enak yang di panggang ya. kalo dari rasa ternyata aku lebih suka yang di panggang juga. Teksturnya kering di luar lembut di dalam ciri khas kue yang di panggang kan begitu ya. Jadi, saya suka saya suka :D

Sedangkan yang di kukus aku kurang suka. Gak tau juga kenapa bisa begitu. Padahal sebenarnya enak-enak aja sih. Kuenya lembab gitu. Apalagi kalo diinapkan semalaman coklatnya lebih berasa ketimbang baru keluar dari kukusan (kalo ini sih yang ada bibir jadi monyong gara-gara kepanasan hahahaha). Mungkin aku lebih suka kue yang sangat mengembang untuk kue kukus, yang pembuatannya menggunakan mikser. Jadi lebih spongy kayak bolu gitu. Kalo yang teksturnya padat aku lebih millih yang di bake/oven.


BROWNIES PISANG
Sumber : Hesti' kitchen

Bahan : 
150 gr Dark cooking coklat
125 gr Gula pasir
3 sdm Mentega
1/2 sdt Vanili bubuk
300 gr Pisang, haluskan dengan garpu 
2 butir Telur ukuran besar, kocok lepas
100 gr Tepung terigu protein sedang
1/2 sdt Baking powder
20 gr Coklat bubuk
1/2 sdt Garam

Cara Membuat :
  1. Panaskan oven 175 C. Siapkan lloyang ukuran 20x20 cm. Olesi dengan mentega dan alasi bagian dasarnya dengan kertas roti. Sisihkan.
  2. Dalam wadah, masukkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder dan garam, aduk  rata.Sisihkan.
  3. Tim dark coklat dengan api kecil dengan teknik double boiler hingga coklat meleleh. Angkat dari api.
  4. Aduk coklat dengan whisk hingga licin, tambahkan gula pasir, mentega dan vanili bubuk. Aduk hingga semua bahan larut dan menjadi halus. Jika terlalu kental panaskan sebentar di panci berisi air mendidih hingga menjadi agak lumer.
  5. Tuangkan coklat leleh di mangkuk yang agak besar, masukkan puree pisang ke dalamnya, aduk rata. Tambahkan telur kocok, pastikan coklat tidak panas saat menambahkan telur agartelur tidak matang. Auk hingga adonan halus.
  6. Masukkan tepung dalam tiga tahapan, aduk perlahan dengan spatula hingga rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya.
  7. Panggang kue selama sekitar 35 - 40 menit atau hingga brownies matang dan tidak lengket saat di tusung dengan lidi. Keluarkan dalam oven. Dinginkan di rak kawat lalu potong-potong.


Senin, 14 April 2014


Ini postingan kedua tentang ubi ungu. Entah bagaimana cara menghabiskan 4 kg ubi ungu dalam waktu yang lumayan singkat (kurang lebih sebulan itu singkat buatku hehehe) jika hanya mengandalkan resep-resep yang rata-rata hanya membutuhkan sedikit ubi ungu. Sebenarnya ubi ungu rebus/kukus yang di makan begitu saja juga enak kok hehehe... dan ternyata Najwa suka juga. Lahap juga dia makan ubinya sampe mulutnya ungu semua :))

Puding ubi ungunya liat di blognya mbak ummu cuman aku tambahin vla aja. Membayangkan dominasi rasa ubi di puding sepertinya gimana gitu hehehe. Dan takutnya gak ada yang makan karena eneg atau berasa aneh dengan rasa ubi ungu dalam puding. Selain itu ada susu evaporated yang harus aku habiskan maka jadilah puding ungu vla ala kfc :D. Kalo vla nya liat di blog mbak hesti. Dulu sudah pernah coba aku suka sekali vla nya.

Dan bagaimanakah rasa pudingnya? Buatku puding ini enak. Ternyata vla ala kfc ini juga cocok dengan pudingnya. Sempet was-was sih takut gak sesuai rasanya. Najwa juga abis banyak makan puding ini. Kalo liat om atau tantenya makan puding dia pasti ikutan nimbrung hehehe.

By the way, kok warna pudingnya beda sama mbak ummu yak?? Tidak tampak seperti ungu tapi biru hahaha. Mungkin beda jenis ubi ungu kali ya *bingung*


Kayaknya aku sudah kehabisan ide untuk menambahkan ornamen atau prop lain dalam foto ini. Di tambah dengan mood yang tidak terlalu bagus sepertinya jadi paduan yang sip untuk menghasilkan foto yang membosankan seperti ini hfffttt... :(

Gak boleh males update ilmu styling dan foodphoto terus nih.. (ternyata berjanji pada diri sendiri itu lebih berat kawan). Berhubung belajarnya otodidak jadi biasanya cuma banyak melihat hasil foto makanannya temen-temen atau orang luar. Sekalipun dengan prop seadanya sepertinya bukan alasan untuk tidak bisa menghasilkan foto yang cantik ya (ini benar-benar edisi curhat dari aku yang kadang putus asa melihat hasil fotoku yang sangat membosankan hahaha)


PUDING UBI UNGU dengan VLA ALA KFC
Sumber : Ummu Fatima dan Hesti Kitchen

Bahan :
1 bks   Bubuk agar-agar plain
600 ml Air
100 gr Gula pasir
200 gr Ubi unu kuks, kupas dan potong2
sedikit garam

Cara Membuat :


  1. Blender ubi ungu bersama air hingga lembut. Aku haluskan manual ubi ungunya lalu campur dengan air.
  2. Kemudian campur dengan agar-agar bubuk,gula pasir dan sedikit garam. Masak di atas api kecil sambil sesekali diaduk. Masak sampai mendidih. Angkat.
  3. Tuang adonan di loyang atau cetakan puding yang telah dibasahi sebelumnya. Diamkan sampai puding mengeras atau setelah uapnya hilang/tidak panas, masukkan kulkas. Sajikan dingin.

Bahan Vla :
1 kaleng Suu evaporated
200 ml Susu Utra plain
6 sdm Gula pasir
2 sdt Tepung custard
2 sdt Tepung Maizena
11/2 sdt Vanili

Cara Membuat :
Campur semua bahan, aduk hingga rata dan tidak bergerindil. Bila perlu saring sebelum di tambah gula. Masak hingga meletup-letup. Sajikan dengan Puding.


Kamis, 10 April 2014


Cara lain menikmati rambutan selain di makan begitu saja adalah di buat minuman seperti ini, stup rambutan. Siang hari panas panas minum stup rambutan yang baru keluar dari kulkas Hmmmm,,, Suegeeeerr.. 
Sepertinya gak ada yang bakal nolak dengan minuman ini kecuali buat yang gak suka aroma rempah seperti kayu manis atau cengkeh. Minuman ini manis sekali tapi gak bikin eneg. Tingkat kemanisannya bisa diseuaikan dengan selera masing-masing.

Karena takut si ayah gak mau minum kalo pake cengkeh jadi aku cuma pake kayu manis. Sayangnya aroma kayu manisnya masih agak kuat padahal cuma pake 2 buah kayu manis yang pendek/kecil jadi tetep aja si ayah gak mau minum. Rupanya lidah si ayah anti bener nih sama rempah-rempah yang model begini. Kalo aku dari dulu gak masalah dengan rempah-rempah ini. Suka malah. Karena sudah kenalan dengan rempah sejak kecil waktu tinggal di ternate dulu. Jadi inget dulu biasanya manjat pohon pala sama cengkeh lalu nyari yang matengnya trus di makan begitu saja. Kangen.



STUP RAMBUTAN
By : Dapurantee

Bahan :
Rambutan, kupas, buang bijinya
1-2 buah Kayu manis
Gula , sesuaikan manisnya dengan selera masing-masing
Air

Cara Membuat :

  1. Dalam wadah, masak air, gula dan kayu manis hingga gula larut. 
  2. Masukkan rambutan. Masak hingga mendidih.
  3. Angkat. sajikan dingin.






\
Paling suka sama yang namanya kacang mede atau aku biasa menyebutnya kacang mente. Gak pernah menggorengnya sendiri karena gak tau gimana cara menggoreng kacang mente asin gurih yang benar. Sekalinya bikin sendiri langsung yang berbumbu seperti ini hehehe...

Untuk Permulaan dalam hal menggoreng kacang mente ini masih belum bisa dibilang sukses. Harusnya hasilnya benar-benar kering. Kering sekali. Tapi seperti yang tampak di foto punyaku malah masih jauh dari kering. Pantesan kacangnya kurang renyah dan masih nempel-nempel gitu. Kalo masalah rasa sih bumbunya beneran enak. Kalo bosan dengan bumbu garam dan bawang putih, yang ini patut di coba. Jangan lupa goreng sampai benar-benar kering :D



KACANG MEDE PEDAS MANIS
Sumber : Yulyan Parwati

Bahan :
500 gr  Kacang mede goreng
150 gr  Gula pasir
1 sdt    Garam
100 gr  Bawang putih, iris tipis, goreng
20 gr    Daun jeruk, buang tulangnya, iris tipis
100 ml Air
Minyak untuk menumis

Cara Membuat :
  1. Tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Tambahkn gula, garam dan air. Aduk sampai berambut.
  2. Tambahkan kacang mede goreng, aduk rata.
  3. Masukkan bawang putih goreng dan daun jeruk. Aduk terus sampai kering.
  4. Angkat. Simpan dalam wadah kedap udara.


Selasa, 08 April 2014


3 minggu yang lalu Mama datang dengan membawa banyak sekali pisang dan ubi ungu. 4 kilogram ubi ungu dan 1 tandan pisang raja + 1 sisir pisang kepok. Tadinya memang banyak resep yang pengen aku coba tapi setelah dibawain banyak begini malah aku yang bingung. Dalam hati mikir, kira-kira ini mau dibikin apa aja nih? Abis gak ya?? hahaha. 


Kita mulai dengan cenil untuk postingan pertama yang bertema ubi ungu. Ceritanya waktu itu liat postingan cenil ubi ungunya mbak ummu (enak manggil mbak ummu aja deh hehehe) di fesbuk. Besoknya langsung aku eksekusi biar cepet habis ubi ungunya. Baru sekarang ini bisa posting resepnya :D. Makasih buat resepnya ya mbak ;) 


Berhubung punya persediaan gula aren jadi aku gak menambahkan gula pada cenilnya. Jadi, manisnya dapet dari siraman gula aren aja. Selain itu ubi ungunya juga ku tambah sedikit biar warnanya lebih ungu dan dalam rangka menghabiskan kukusan ubi ungu sebelumnya :D. 

Cenil ini paling enak dimakan saat masih hangat. Aku bikin bentuknya yang besar-besar biar cepet kelar xixixi...


CENIL UBI UNGU
Sumber : Ummu Fatima 

Bahan :
225-250 Tepung Tapioka
130 ml    Air Mendidih
50 gr      Ubi ungu, kukus dan haluskan (aku 90 gr)
Kelapa parut
Sedikit garam
Air untuk merebus

Cara Membuat ;
  1. Campur kelapa parut dan garam. Aduk rata. Kukus sekitar 15 menit, angkat dan sisihkan.
  2. Didihkan 130 ml Air. Ambil 1 sdm tepungg tapioka, larutkan dengan 3 sdm air biasa, lalu tuang ke air mendidih tadi sambil diaduk cepat sampai kental. Masukkan sisa tepung dan ubi ungu, aduk dengan tangan sampai ubi ungu merata, adonan menjadi kalis dan dapat dibentuk.
  3. Ambil sedikit adonan, bentuk sesuai selera. Lakukan hingga adonan habis.
  4. Didihkan air, rebus adonan hingga mengapung dan matang. Angkat. Gulingkan di kelapa parut dan siram dengan sirup gula merah.






Senin, 07 April 2014




Belakangan ini lagi suka dengan menu tumisan sayur. Biasanya selalu yang berkuah-kuah karena memang kesukaannya si ayah. Lama-lama tukang masaknya jadi bosan karena menunya itu-itu aja. Jadi bikinlah sayuran yang ditumis dengan bumbu yang sangat simpel saja. Bawang bombay-bawang putih-garam-gula-kaldu bubuk-saos tiram-sayuran. Beberapa kali bikin akhirnya bosan lagi. Ya sudah akhirnya nyari menu yang agak sedikit beda di "dapur"nya mbak diah dan ini hasilnya hehehe....

Sebenarnya resep ini nih modifikasi dari resep "tumis pedas brokoli daging"nya mbak diah. Karena keterbatasan daging dan kebanyakan sayuran yang ada di kulkas maka jadilah "tumis daging dan sayuran". Tumis sayur kali ini jelas lebih tasty ya karena pemakaian bumbu yang komplit hehehe.. Btw, mkasih ya mbak diah buat resepnya :D 


TUMIS DAGING DAN SAYURAN
Sumber : Modifikasi dari momylicious.com

Bahan :
200 gr daging sapi
Air secukupnya
Sayuran (baby buncis, baby corn, wortel)
1 Buah Tomat, bagi dua lalu iris melintang
1 buah Bawang bombay, iris tipis
2 siung Bawang putih
3 butir Bawang merah
2 buah Cabe merah
2 sdm Kecap Manis
1 sdm Kecap asin
3 sdm Saus Teriyaki
1 sdm Minyak wijen
1 sdm Saus Tomat
1 sdm Kecap Inggris
1 sdt Merica bubuk
1 sdm margarin untuk menumis

Cara Membuat :
  1. Panaskan margarin, tumis bawang merahdan bawang putih hingga harum. Masukkan daging dan masak hingga airnya keluar kemudian tambahkan air, masak hingga daging empuk.
  2. Masukkan semua sisa bumbu kecuali cabe, tomat dan bawang bombay, aduk rata. 
  3. Terakhir masukkan semua sayuran, cabe tomat dan bawang bombay. Aduk rata, cicipi rasanya dan  masak hingga matang. Angkat. Siap disajikan 



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...