TIMPHAN PISANG DARI ACEH


Timphan ini jajanan tradisional dari aceh. Dapat resepnya dari blog mbak hesti. Waktu itu penasaran sekali sama timphan ini karena mbak hesti sampai 3 kali memposting jajanan yang satu ini. Mulai dari yang menggunakan ubi ungu, labu dan pisang. 


Aku gak terlalu banyak mendeskripsikan bagaimana rasa jajanan yang satu ini karena bingung jadi selain enak.. enak... dan enak, gak ad lagi kata yang lain. Aku suka teksturnya, lembut. Buat yg suka jajanan yg bertekstur lembut atau lembek,pasti suka timphan ini. Ada tambahan nangka di dalamnya jadi aromanya juga "memancing" :D



Gampang kok bikinnya. Yang susah itu kalo gak ada daun pisang yg muda sekali (biasanya masih berupa gulungan di pohonnya). Tapi sebenarnya bisa aja sih pake alumunium foil atau plastik wrap. Hanya saja rasa dan aromanya pasti beda lah. Karena selain berfungsi untuk membungkus, daun pisang ini jg menyumbang aroma yang khas.


TIMPHAN PISANG

Bahan Sarikaya :
3 butir Telur
120 gr  Gula Pasir
100 ml Santan Kental
1/4 sdt Garam
1 sdm  Tepung Terigu
50 gr    Nangka, potong kotak kecil

Bahan Kulit :
5-6 buah Pisang Raja
450 gr     Tepung Ketan Putih
1 sdm     Gula Pasir
Santan Kental secukupnya
Garam secukupnya

Cara Membuat :
  1. Sarikaya : kocok telur,gula dan garam dengan whisk hingga larut. Tambahkan santan, aduk hingga rata.Masukkan larutan telur ke dalam tepungsambil diaduk menggunakan whisk hingga rata dan tidak bergerindil. Tambahkan nangka lalu masak dengan api sedang sambil terus diaduk hingga mendidih dan mengental. Angkat, biarkan dingin.
  2. Kulit : Masak pisang,santal,gula dan garam hingga pisang menjadi hancur. Dinginkan.
  3. Tambahkan tepung ketan ke dalam adonan pisang dan uleni hingga menjadi adonan yang dapat dipulung. Kalo masih kelembekan boleh ditambah sedikit tepung ketan.
  4. Siapkan daun muda yang telah dibersihkan dan dipotong-potong. Olesi minyak. Ambil adonan sebesar bola pimpong, pipihkan, beri isian 1 sdt sarikaya lalu rapatkan adonan dan bungkus dengan daun pisang. tidak perlu disemat dengan lidi.
  5. Kukus dalam dandang yang sudah dipanaskan dengan api sedang selama kurang leih 15 menit. Angkat dan sajikan
  6. Siap dihidangkan.

2 Responses to "TIMPHAN PISANG DARI ACEH"

  1. pernah nyobain yang ubi, pengen yang pisangnya juga lain kali..:)

    BalasHapus
  2. iya kah mbak?yg pake ubi enak gak?pengen bikin yg dari ubi ungu tp ubi ungu rada susah jg ternyata hehhehehe

    BalasHapus