TARA'JON


Tara'jon, jajanan tradisional asal kampung halaman yang ada di ujung paling timur gugusan pulau madura, pulau sapeken. Sama persis seperti jajanan orang makassar karena memang asal muasal nenek moyang orang sapeken dari Sulawesi selatan sana. Hanya saja kalo orang makassar jajanan ini di sebut Tara'jong. Sedangkan orang bugis bilangnya Tarajju'. Beda pelafalan ya hehehe... Selain itu beda bahan juga sih. Tapi secara umum sama.



Tara'jon ini bahan dasarnya dari sukun yang di haluskan. Kalo orang makassar bikinnya dari ubi jalar ada juga yang pake ubi kayu.


Buatnya guampang pake banget xixixi... Sukun dikukus kemudian di haluskan. Pastikan pake sukun yang sudah matang/tua, tapi juga gak tua banget biar gak lembek :D. Setelah itu, bentuk bulat dan pipihkan lalu digoreng dengan larutan tepung beras seperti kalo lagi buat pisang goreng. Kalo mau manis bisa tambahkan gula saat proses menghaluskan sukunnya. Tapi ada juga yang lebih suka menambahkan parutan kelapa (tanpa gula) agar lebih gurih.

Kalau mau lebih kriuk kriuk hehehe begitulah bahasanya, bisa tambahkan sedikit air kapur pada larutan tepung berasnya.

3 Responses to "TARA'JON"

  1. ouuu ouuu nambah lagi nih pengetahuan ttg pangannan tradisional dr nusantara... makasih mbak..:D
    eh tapi saya jadi inget dikampung saya [sukabumi] yang cara masaknya persis gini, tapi dibuatnya dari ubi disebutnya Tarasen... mirip2 ya minimal ada tara-tara nya heheheh...

    BalasHapus
  2. eh mirip ya... ejaannya di sesuaikan dengan logat masing2 daerah kayaknya mbak hehehe. kalo pake ubi berarti sama kyk org makassar dong ya mbak...

    BalasHapus