ROTI UBI UNGU

Baru nyadar kalo selama ini belom pernah posting yang namanya roti-rotian. Padahal sudah bolak balik bikin. Alasannya karena setiap membuat kue hasilnya tidak pernah sempurna. Entah dari teksturnya yang terlalu kering, keras, hingga tampilannya yang membuat aku gak tega untuk posting di blog.

Dulu awal-awal belajar bikin roti selalu gagal. Sampe pernah sudah mau nyerah tapi penasaran pengen tau kenapa selalu gagal. Kalo secara teori sih aku bisa tau kenapa gagal. terlalu banyak variabel yang menentukan sukses gaknya si roti. Tapi dengan banyak latihan (dan banyak gagal tentunya) aku bisa sedikit-sedikit  mengerti tentang si roti.


Jadi inget kalo dulu roti yang pertama kali aku bikin itu roti boy "wanna be" hehehe. Kalo gak salah bikin sampe 2x. Sudah lumayan memuaskan. Pernah juga bikin roti labu punya mbak diah. Roti kentang punya mbak ricke dan beberapa yang lain. Tapi belum pernah sama sekali terposting ya :D. Soalnya foto-fotonya lagi "nyungsep" di laptop yang rusak hehehehe.

Roti Ubi ungu ini aku bikin dari resep Potato Buns (Roti kentang) punya mbak ricke. Sedangkan fillingnya aku liat di blognya mbak hesti.

ROTI UBI UNGU
Sumber : Ricke-ordinarykitchen (bahan roti) dan hesti kitchen (bahan filling)

Bahan :
200 gr Tepung protein tinggi
100 gr Tepung Protein sedang
100 gr Ubi ungu, kukus dan haluskan
6 gr     Ragi instan (setengah sachet)
65 gr   Gula pasir
10 gr   Susu bubuk
1 sdt   Vanila (aku pakae vanili bubuk)
2 butir Kuning telur
125 ml Air es / susu cair dingin
1/2 sdt Garam
35 gr    Margarin

Filling Ubi Ungu (Masak di atas kompor hingga kalis) :
150 gr  Ubi ungu halus
30 gr    Gula Pasir
25 gr    Butter
25 ml   Susu Cair

Olesan (campur) :
1 butir Kuning telur
sedikit susu cair

Cara Membuat :
  1. Campur terigu, ragi, gula dan susu bubuk. Aduk rata.
  2. Masukkan vanili, kuning telur dan ubi ungu sambil diaduk rata. Tuangi susu cair sedikit demi sedikit sambil di uleni hingga adonan kalis (tidak lengket). Hentikan penambahan cairan jika adonan telah kalis.
  3. Masukkan garam dan margarin. Uleni kembali sampai kalis dan elastis, permukaan adonan mulus.
  4. Bulatkan adonan dan tempatkan dalam wadah. Tuup dengan plastik wrap atau serbet lembab. Diamkan hingga mengembang 2x lipat volumenya selama 45 menit hingga 1 jam (tergantung suhu ruangan)
  5. Kempeskan adonan, uleni kembali sebentar agar mulus dan elastis kembali. Bagi adonan menjadi 16 bagian sama rata. Bulatkan adonan. Diamkan 10 menit. Pipihkan, isi dan bentuk sesuai selera. Letakkan dalam loyang. Tutup kembali dengan plastik wrap dan diamkan hingga mengembang selama 30 menit.
  6. Panaskan oven 200C (oven sudah dalam keadaan panas saat adonan masuk). Olesi permukaan adonan dengan olesan. Panggang dalam oven selama kurang lebih 15 menit hingga matang dan permukaan kecoklatan. Jangan terlalu memanggang agar tidak kering dan keras. Keluarkan dari oven, panas-panas olesi permukaan roti dengan margarin.  








4 Responses to "ROTI UBI UNGU"

  1. tu udah cakep kok tampilannya...
    jadi inget mbakyu dulu saya juga sering gatot bikin roti xixixi...

    BalasHapus
  2. iya mbak ni sudah agak mendingan hehehe...
    tapi masih suka bermasalah dengan warna permukaannya yang kurang cantik. bener2 perjuangan bikin roti yang cantik dan enak ya mbak krn harus sering gatot :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy juga kadang masih suka kegosongan atasnya hihihi...

      Hapus
  3. kalo ak atasnya gak bisa coklat cantik mbak. selalu pucet :(.
    kayaknya posisi roti dalam oven ngaruh ya hehehe

    BalasHapus