BAKSO AYAM


Hujan-hujan makan bakso.. sluurrpp... :D
Entah kenapa aku pilih resep ini. Padahal kalo diliat dari prosesnya, ckckckck... repot banaar. Biasanya sih klo mau bikin bakso ayam resep yang paling simpel adalah campur daging ayam + bumbu (merica, bawang putih, garam) + tepung tapioka +air. sudah gitu aja.


Mungkin kemarin itu lagi kesurupun trus sok nyari resep yang gak mudah dan gak simpel hehehe... tap gak apa-apa lah yang penting rasa penasaranku terbayar. Memang gak semua makanan enak di buat dari proses yang "njlimet" tapi proses yang panjang dan njlimet biasanya menghasilkan makanan yang enak. Opini pribadi sih hehehe... 

Baksonya enak. Sueger. Cuma mungkin karena proses dalam membuat baksonya kurang sempurna jadi teksturnya kurang kenyal. Tapi secara keseluruhan capekku terbayar karena langsung ludes.


Resepnya aku liat di webnya mbak endang. Untuk step-stepnya bisa liat disitu.


BAKSO DAGING AYAM
Resep diadaptasikan dari blog Lily's Wai Sek Hong - Meatballs Ala Don


BAHAN BAKSO :
- 500 gr    daging ayam, saya menggunakan bagian dada
- 125 ml    air es
- 1 sdm     kecap ikan
- 1 sdt       garam, tambahkan jika kurang asin
- 1/2 sdm gula pasir 
- 1/2 sdm minyak goreng
- 2 sdm     tepung maizena
- 1 1/4 sdt baking powder
- 1/2 sdt    baking soda
- 1/2 sdt    merica bubuk
- 1/2 sdt    kaldu bubuk (optional)
- Air es untuk merendam bakso 

BAHAN KUAH :
- 2 liter air kaldu dari air rebusan bakso plus tulang-tulang ayam
- 2 sdt kaldu bubuk 
- 5 siung bawang putih, haluskan
- 2 sdm kecap ikan
- 1 sdt merica bubuk
- 2 sdt garam
- 2 batang daun bawang
- bawang merah goreng sebagai taburan
- minyak untuk menumis

CARA MEMBUAT BAKSO :
  1. Haluskan daging. Tambahkan 5 sendok air es ke dalam gilingan daging. Tambahkan air es sesendok demi sesendok. Terus proses hingga cincangan daging membentuk gumpalan. Matikan food processor. Tuangkan daging ke dalam mangkuk besar.  Jika dengan cara manual, maka gunakan daging ayam cincang. Tambahkan air es sesendok demi sesendok sambil daging diaduk dengan spatula hingga serat-serat daging terlepas dan terpisah. 
    1. Siapkan mangkuk kecil, masukkan sisa air es, kecap ikan, garam, gula, kaldu bubuk, baking powder, baking soda, merica, minyak goreng dan tepung maizena ke dalam mangkuk. Aduk hingga rata. 
    2. Tuangkan larutan tepung ke permukaan adonan daging, aduk perlahan dan biarkan cairan terserap. Kemudian aduk hingga benar-benar merata. 
    3. Siapkan mangkuk berisi air es. Basahi tangan anda, ambil adonan kemudian bantingkan ke mangkuk, lakukan hal ini sekitar 10 kali atau hingga gumpalan adonan terlihat smooth, shiny dan elastis. Ketika disentuh terasa kenyal. Jika tangan anda lengket saat membanting adonan maka segera celupkan ke dalam air es. Fungsi banting-membanting ini adalah untuk memastikan serat daging terlepas dan tidak saling menggumpal serta untuk membuat adonan menjadi kompak.
    4. Tutup permukaan mangkuk dengan plastik, masukkan adonan ke dalam freezer selama 30 menit. Freezer ya bukan chiller (rak bawah). 
    5. Jika telah 30 menit, maka siapkan panci, isi air dan rebus hingga mendidih. Matikan kompor. 
    6. Keluarkan adonan dari freezer, ambil 1 sendok makan adonan dan dengan bantuan sendok lainnya bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan diameter 1 1/2 cm. Masukkan adonan yang telah berbentuk bulat ke air panas. Lakukan hingga semua adonan habis.
    7. Adonan yang masuk ke air panas akan mengapung sendiri. Ketika panci telah terlihat penuh oleh adonan, hidupkan kembali kompor dan rebus menggunakan api kecil. Jaga jangan sampai air mendidih hingga bergolak, air hanya dididihkan hingga mengeluarkan letupan-letupan kecil saja bukan  benar-benar mendidih. Masak hingga semua bakso mengapung, aduk bakso dengan sendok pengaduk dan masak hingga matang. 
    8. Test kematangan dengan mengambil sebutir bakso dan belah, jika bagian tengahnya masih berwarna pink rebus kembali hingga matang. 
    9. Siapkan mangkuk berisi air dan es batu, tiriskan bakso dengan saringan kawat, sisihkan airnya untuk kuah. Masukkan bakso ke dalam air berisi es dan rendam hingga dingin. Bakso siap untuk diolah sesuai keperluan atau masukkan ke dalam wadah rapat dan bekukan di freezer. 
    MEMBUAT KUAH :
    1. Membuat kuah:
      Siapkan wajan, beri 1 sendok makan minyak. Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum dan matang. Angkat.  
    2. Siapkan panci berisi air rebusan bakso, tambahkan tulang belulang ayam (jika ada). Tambahkan tumisan bawang putih, kecap ikan, merica bubuk dan kaldu bubuk. Rebus hingga mendidih, masukkan bakso dan daun bawang. Masak hingga matang. Cicipi rasanya. Angkat.


             


























    0 Response to "BAKSO AYAM"

    Posting Komentar